Tes MotoGP Jerez (Hari 2) : Akui Sangat Berbeda Dibanding RC213V, Morbidelli (Posisi 5) : M1 Jauh Lebih Mudah

BeritaBalap.com-Franco Morbidelli kembali menunjukkan konsistensinya dengan meraih posisi ke-6 dalam tes MotoGP hari ke-2 di Jerez, Spanyol, Kamis (29 November). Secara keseluruhan (kombinasi dengan hari 1), juga ada di urutan ke-6 dan hanya berbeda 0,1 detik dari Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu) yang ada di posisi terdepan.

BACA (JUGA) : Tes MotoGP Jerez (Hari 2) : Nakagami Tercepat, Kalahkan Marquez, Bagnaia Rookie Terbaik

Juara dunia Moto2 (2017) dan rookie atau pendatang baru terbaik MotoGP 2018 ini menyebut bahwa mengendarai M1 versi terbaru adalah jauh berbeda dengan saat ia latihan dengan Honda RC213V akhir tahun lalu (2017). Maksudnya, saat akan masuk ke kawah MotoGP.

koizumi

“Kondisinya memang sangat berbeda. Biasanya, anda datang ke sini di musim dingin dan mengendarai motor dengan waktu putaran yang mengesankan, dan kemudian anda kembali pada bulan Mei dan sangat sulit untuk mengulang pertunjukan ini. Tetapi bukan rahasia bahwa saya merasa lebih baik pada motor ini, hanya karena saya lebih cepat, “tutur Morbidelli yang musim depan mengusung tim Petronas Yamaha SRT yang notabene disupport manajemen Sepang International Circuit (SIC).

“Ketika saya masuk ke pit dan melihat meja catatan waktu, saya lihat kurang lebih berada selalu di atas 10. Karena saya lebih cepat, saya merasa lebih baik,  saya selalu merasa nyaman di motor lain, “tambah Morbidelli yang juga murid dari Valentino Rossi.

Nah, yang kiembali ditekankan oleh Morbidelli ditengah proses adaptasi yang berlangsung, bahwa ia merasa lebih baik dan lebih baik lagi dalam setiap tahapan. Tahun lalu, ia menyebut banyak hal sehubungan set-up motor yang tidak optimal terutama dalam kecepatan.

“Jelas M1 itu lebih mudah. Juga dari waktu putaran saya lebih cepat sekarang. Tapi yang paling penting adalah kecepatan. Ini adalah dunia yang sama sekali berbeda. Tahun lalu kami harus bertarung dengan pengaturan motor. Kami memiliki masalah dalam pengaturan yang baik. Saya punya banyak masalah. Tentu, anda bisa pergi untuk putaran yang baik, tetapi kecepatannya membuat perbedaan dalam lomba. Adapun kecepatannya, itu jauh lebih baik sekarang, “terang Morbidelli yang masih berusia 22 tahun.

“Setiap hari kami telah menjalani tahapan selangkah demi selangkah, dan setiap kali saya menggunakan motor ini di lintasan, saya belajar sesuatu dan lebih memahami. Ini hanya hari ke-4 saya di motor ini dan butuh waktu untuk membiasakannya. Jadi saya perlu sedikit lebih banyak waktu untuk memahami dan mendapatkan semuanya dari paket ini, “tambah Morbidelli yang mengaku siap masuk 10 besar untuk race pertama musim 2019. BB1

Hasil Tes MotoGP Jerez (Hari 1) :

Hasil Tes MotoGP Jerez (Kombinasi Hari 1 & Hari 2) :

Facebook Comments

You May Also Like