Tes Ride Honda Vario 160, Mesin Lebih Bertenaga !!

BaritaBalap.com – Redaksi BeritaBalap.com mendapat kesempatan mencoba Vario 160 untuk diajak sunmori di Kawasan Jawa timur. Setelah peluncurannya beberapa waktu lalu, membuat penulis tertarik ingin mengetahui lebih dalam lagi Honda Vario yang bakal menggantikan Vario 150 tersebut.

Terima kasih pada PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM) main dealer Honda wilayah Jatim dan NTT untuk pinjaman unit Honda Vario 160. Tanpa Panjang lebar, merasakan sensasi saat first impression penulis sudah merasakan kenyamanan dari skutik yang dibanreol mulai Rp 25 jutaan tersebut.

Perjalan menuju Cangar, Jawa Timur masih menjadi lokasi penulis yang memang mempunyai segala medan yang dibutuhkan untuk bahan penulisan kali ini.

koizumi

BACA (JUGA) : Inden Motor Dapat Hadiah Motor Hanya di Dealer Honda Jatim

Lampu LED Makin Tegas

Secara keseluruhan tampilan Vario 160 nampak lebih besar dan lebar dari model terdahulu, ini terlihat dari ukuran dimensi yang memang berubah. Vario terbaru tawarkan panjang 1.929 mm, lebar 679 mm, dan tinggi 1.088 mm.

Jika dibandingkan dengan model sebelumnya, dimensi panjangnnya mencapai 1.919 mm, lebar 679 mm dan tinggi 1.062 mm. Terlihat model baru lebih panjang dan lebih tinggi dari model lama berkat beberapa ubahan seperti penggunaan ban tubeless yang lebih lebar dengan ukuran 100/80-14 di depan dan 120/70-14 di belakang.

Ubahan pada bagian kaki-kaki ini membuat pengendara lebih nyaman saat melakukan cornering, terlebih saat melibas jalanan tidak rata. Wajar, itu dikarenakan tapak ban Vario 160 lebih lebar jika dibandingkan tipe sebelumnya.

BACA (JUGA) : Fun Riding Bersama Konsumen, Buktikan Performa All New Honda Vario 160

Bagasi Makin Luas

Posisi Berkendara

Bagian ini merupakan salah satu yang paling disuka oleh penulis, posisi berkendara erat kaitannya dengan dimensi yang berubah. Dengan tinggi sekitar 170 cm dengan berat badan sekitar 70kg. Penggunaan pelek 14 inci dengan tapak lebar sedikit meningkatkan ground clearence motor ini menjadi 140 mm.

Posisi berkendara terhitung nyaman, ditambah dengan ukuran jok yang cukup lebar dengan bahan yang anti licin membuat penulis makin merasakan kenyamanan saat berkendara.

Tidak hanya itu saja, posisi duduk yang nyaman juga terasa berkat panjang setang kemudi yang tidak terlalu lebar. Terlebih desain setang kemudi kini terlihat lebih menekuk ke dalam yang membuat pegangan tangan pengendara tidak terlalu capek dan berdampak pada kenyamanan berkendara lama di atas motor. Posisi setang kemudi yang menekuk ini juga membuat akses tombol yang ada di kemudian Vario 160 lebih mudah.

BACA (JUGA) : Kupas Tuntas All New Honda Vario 160 Bersama Komunitas Honda Jatim, Rolling City Hingga Bedah Teknologi

Sudah Dilengkapi Pengecasan Di Saku Kiri

Sensasi Berkendara

Perhatian utama pada acara peluncuran Vario 160 jelas pada kehadiran mesin baru. Honda menyematkan mesin 156,9 cc 4 langkah 4 katup eSP+ dengan pendingin cairan yang menghasilkan tenaga sebesar 15,4 ps pada putaran 8.500 rpm dan torsi 13,8 Nm pada putaran 7.000 rpm. Di atas kertas mesin ini naik 2 ps dan torsinya naik 0,4 Nm dari model lama.

Mesin baru ini sama dengan yang digunakan oleh PCX terbaru yang di atas kertas punya tenaga 16 ps pada putaran 8.000 rpm dan torsi 14,7 Nm pada putaran 6.500 rpm.

BACA (JUGA) : Ini Kata Mereka Soal All New Honda Vario 160 Saat Launching Di Royal Plaza Surabaya

Ban 14 inchi Bikin Nyaman Saat Manuver

Usut punya usut, AHM menggunakan metode pengujian dengan bensin RON 88 yang dinilai paling banyak digunakan calon konsumen Vario 160 di berbagai daerah, sehingga catatan output tenaganya lebih rendah dari PCX. Bisa dikatakan tenaga asli Vario 160 setara dengan PCX terbaru.

Ini terbukti dengan feeling tenaga yang disalurkan melalui transmisi otomatis dengan kopling sentrifugal Vario 160 langsung terasa di putaran bawah. Mesin terbaru ini mampu melesatkan pengendara dengan berat 90 kilogram dari diam ke 60 km per jam cukup cepat.

BACA (JUGA) : MPM Resmi Kenalkan All New Honda Vario 160 Di Jatim, Sudah Banyak Yang Inden !!

Panel Indikator Lengkap Untuk Kebutuhan Pengendara

Soal kemampuan penyaluran tenaga ini juga terpengaruh dengan berat. Vario 160 kini memiliki bobot 117 kilogram berkat penggunaan rangka berteknologi eSAF terbaru. Rangka ini memiliki bobot 11,7 kilogram, lebih ringan dari model terdahulu yakni 12,8 kilogram. Ini artinya soal weight to ratio, tenaga Vario lebih besar dibanding PCX yang membuat sensasi mesin 160 cc terbaru ini menjadi lebih bertenaga.

Kemudahan handling ini juga makin meyakinkan berkat penggunaan ban tapak lebar berukuran 14 inci di depan dan belakang. Grip ban cukup terasa di lintasan aspal panas yang membuat kepercayaan diri berbelok juga bertambah.

Kestabilan mengendarai Vario 160 juga terasa berkat penggunaan suspensi teleskopik di depan dan swing arm dengan suspensi tunggal di belakang. Honda mengungkapkan bagian suspensi belakang memiliki penyegaran berkat penggunaan rangka baru. CHR

 

Facebook Comments

You May Also Like