Test Ride Honda ADV 160, Banyak Lebihnya !!

BeritaBalap.com – Redaksi BeritaBalap.com mendapat kesempatan untuk menjajal Honda ADV 160 yang sudah resmi dikenalkan sekitar bulan Juli lalu di Jawa Timur, PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM) Main dealer Honda Jatim dan NTT memberikan kesempatan tersebut untuk merasakan sensasi berkendara dengan matic bergaya adventure ini.

Jalur Surabaya-Nganjuk menjadi rute penulis untuk merasakan detail skutik Adventure berkapasitas mesin 156,9 cc tersebut. Jika dilihat sekilas, Honda ADV 160 ini bukan hanya mengusung mesin baru, namun juga detail yang membuat tampilan ADV 160 menjadi lebih menarik dipandang.

Hal pertama yang menjadi perhatian penulis adalah bagian segitiga ergonomi dan handling., mulai dari posisi duduk yang dirasakan justru lebih rendah dari tipe sebelumnya. Memang tidak terlalu signifikan, tapi penulis merasakan jok sedikit berbeda dengan ADV 150.

koizumi

Dengan postur tubuh penulis yang 170 cm, dirasa pas dan membuat pengendara tidak terlalu jinjit. Tidak hanya itu saja, dimensi jok pun terasa lebih nyaman, terutama untuk boncenger yang benar-benar terasa pas dan nyaman terlebih untuk perjalanan jarak jauh.

Masuk di bagian handling, penulis merasakan handling Honda ADV 160 tetap nyaman digunakan. Termasuk lincah, itu dikarenakan besaran rake dan sudut belok tidak diubah dari tipe sebelumnya. Yidak hanya itu saja, suspensi depan skutik Adventure dirasakan jauh lebih empuk dari tipe sebelumnya.

BACA (JUGA) : Antusias Warga Surabaya Rasakan Performa New Honda ADV 160

Jok Lebih Nyaman

Meski lebih empuk, jarak main 130 mm suspensi tersebut tidak ada gejala bottoming suspension yang mentok saat digunakan hard breaking dan melibas jalanan yang kurang rata. Di bagian suspensi belakang sudah dilengkapi subtank yang dirasa sedikit lebih keras dibandingkan tipe sebelumnya.

Jangan salah, kerasnya suspensi belakang ternyata menjadi feedback saat berkendara luar kota. Penulis merasakan daya cengkram ban pada aspal lebih terasa nyaman. Ini benar-benar dirasakan saat masuk di Nganjuk yang sudah ‘disambut’ jalanan panjang yang kebetulan sedang sepi.

Honda ADV 160 sendiri terbilang punya ground clereance yang cukup tinggi, tidak ada perubahan dari tipe sebelumnya yang masih sama di angka 165 mm. Dengan begitu, membuat lebih aman ketika diajak melibas jalanan tidak rata jika dibandingkan sukit Honda lainnya macam PCX atau Vario.

ADV 160 juga sudah menggunakan mesin baru eSP dengan empat katup sama seperti yang diterapkan pada Honda PCX 160 dan Vario 160, hasilnya penulis merasakan torsi ADV 160 lebih besar jika dibandingkan dengana Vario 160. Setelah ditelusuri, ada beberapa ubahan yang terdapat pada Honda ADV 160.

BACA (JUGA) : Komunitas Honda ADV Surabaya Kopdargab dan Riding Bersama New Honda ADV 160

Suspensi Sedikit Keras Namun Lebih Nyaman

Adapun perbedaan tersebut meliputi, perbedaan mapping ECU, selain itu beda poros pulley belakang dan keduanya perubahan itu yang membuat tenaga ADV 160 lebih terasa di putaran mesin bawah, menengah hingga atas.

Memiliki tenaga 16 PS pada 8.500 rpm dan torsi 14,2 Nm di 6.500 rpm, tenaga dan torsi maksimal sama seperti Honda PCX 160. Tapi, penulis merasakan jika Honda ADV 160 lebih responsif berbeda dari Honda PCX 160. Kemungkinan besar lantaran perbedaan poros dan pulley, dan itu yang menyebabkan dorongan uli ke v-belt lebih kuat.

Keren nya lagi, Honda ADV160 terbaru ini sudah menggunakan tekhnologi HSTC (Honda Selectable Torque Control) atau biasa disebut traksi kontrol. FYI saja, fitur tersebut biasanya digunakan pada Honda Big Bike dan motor premium Honda untuk membatasi torsi mesin jika sistem HSTC mendeteksi adanya perbedaan putaran roda depan dan belakang.

BACA (JUGA) : 50 Komunitas Honda Sambut Kehadiran New Honda ADV 160

Headlamp LED Lebih Terang Saat Malam Hari

Itu artinya, saat kita melakukan riding nantinya sistem tersebut yang bakal ‘mengkoreksi’ ketika salah satu ban ada yang slide. Pada bagian windscreen memiliki dua set up ketinggian yang bisa disesuaikan dengan manual, jangan salah justru ini sangat berfungsi saat digunakan jarak jauh supaya angin tidak secara langsung terkena pengendara.

Secara umum kesimpulan penulis saat mencoba Honda ADV 160 ini dirasa jauh lebih baik, lebih nyaman, lebih stabil dari generasi sebelumnya. Untuk harganya, Honda ADV 160 ini dibanderol dengan harga Rp 39.881.500 OTR dan CBS Rp 36.481.000 OTR Surabaya.

Sedangkan untuk pilihan warna, ADV 160 ada tipe ABS terdiri dari Tough Matte Black, Tough Matte Red, dan Tough Matte White. Sedangkan tipe CBS hadir dengan warna Dynamic Black, Dynamic Red, dan Dynamic White. CHR

Facebook Comments

You May Also Like