Tidak Mau Disalahkan Kasus Rem Vinales, Pihak Brembo Ungkap Hal Yang Mengejutkan

BeritaBalap.com-Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) meloncat dalam kecepatan diatas 200 km/jam. Katanya ada masalah dalam kinerja pengereman. Saat kejadian tragis itu, Vinales pastinya bermain aman namun kemudian mesin M1 nya menabrak pembatas hingga terbakar.

Banyak pembalap yang memang mengutarakan problem rem ini dikarenakan karakter lintasan yang high-speed tetapi menuntu pengereman keras. Mengacu hal ini, pihak Brembo sebagai pemasok rem untuk pacuan Yamaha M1 Vinales merespon kejadian tersebut. Mereka tidak mau disalahkan. Apa saja yang terungkap ?

BACA (JUGA) : Rins Kecam Vinales, Ada Masalah Rem & Sempat Angkat Tangan Tapi Tidak Masuk Pit

koizumi

Jadi diklaim bahwa mereka sudah merevisi sistem pengereman musim MotoGP 2020 dan ini sudah dianjurkan kepada semua tim. Tapi memang peragkat ini tidak diaplikasi pada motor Vinales. Untuk rem baru, disebut bahwa kaliper remnya berbahan alumunium baru dan sudah diuji saat tes Valencia akhir tahun 2019 dan berlanjut di Sepang pada Februari lalu.

BACA (JUGA) : 3 Pembalapnya Finish 16, 17 & 18, Honda Terpuruk Di Klasemen Konstruktor MotoGP

Desainnya juga sudah direvisi. Intinya, proses pendinginan pada rem menjadi lebih baik sekira 10 persen. Juga minyak rem menjadi berkurang sehingga membuat tuas rem menjadi lebih lembut. Secara keseluruhan, Brembo mengasumsikan efek pengereman sekitar 10 persen lebih baik dibanding tahun lalu.

MotoGP Brembo 2020
Sistem pengereman baru dibuat Brembo pada musim balap 2020 ini

Dilansir dari media Motorsport-Total.com, Brembo juga sudah mengirimkan email kepada seluruh tim sebelum balapan Styria, Austria. Semua tim disarankan untuk mengaplikasinya. Jika tidak, maka kerja rem akan berada pada batasnya.

Oh ya, Rossi dan Quartararo serta Morbidelli disebut menggunakan sistem baru tersebut. Demikian setelah mereka mengalami masalah pada putaran sebelumnya di lintasan yang sama (16 Agustus). Ternyata pula, ada pembalap lain yang tidak pakai rem anyar, yaitu Joan Mir.

“Saya menggunakan rem seperti biasa karena tidak ada masalah sama sekali dalam hal ini, “ujar pembalap tim Suzuki Ecstar tersebut “Yamaha mengalami masalah dengan rem. Saya mendengar bahwa Maverick mengalami masalah pada lap ke-4. Itu sangat tidak bertanggung jawab karena membahayakan pembalap lain, “tambah Mir.

Sekilas informasi lagi, semua tim MotoGP pakai rem Brembo walau ini tidak diwajibkan. Secara regulasi, tidak ada pemasok tunggal sehubungan produk rem. BB1

 

Facebook Comments

You May Also Like