Tradisi Sejak Asia Talent Cup 2015, Hanya 2-6 Pembalap Indonesia

BeritaBalap.com-Sudah diumumkan di laman resmi Asia Talent Cup (ATC) bahwa terdapat 100 peserta yang lolos seleksi awal untuk hajatan ATC 2022 nanti. Dalam konteks ini, ada 20 rider asal Indonesia tercinta. Datanya di bagian bawah berita ini.

Oh ya, ATC 2020 dibatalkan karena pendemi Covid-19. Kalau ATC tahun 2021 ini baru berjalan 2 seri saja, semu di Losail Qatar. Selebihnya masih diragukan, terlebih MotoGP Jepang (Motegi) dan Thailand (Buriram) juga sudah resmi dibatalkan. Kan hajatan ATC bersamaan dengan putaran tersebut.

BACA (JUGA) : Jika Masa PPKM Selesai, Apakah Event Road Race Langsung Bisa Digelar ?

koizumi

Tinggal menunggu nasib seri Sepang Malaysia (29-31 Oktober) dan Mandalika Indonesia (12-14 November). Nah, yang akan kita bahas ada eksistensi ke-20 pembalap yang lolos seleksi awal. Disebut seleksi awal karena perjalanan masih panjang.

Jadi jelas dan tegas bahwa mereka ini mendaftar sendiri. Niatan sendiri. Bukan support dari pabrikan karena memang seperti Astra Honda Motor (AHM) belum umumkan formasi ATC 2022 nya. Kan yang 2021 juga belum selesai.

Mengacu investigasi data yang dilakukan sejak pertama kali pagelaran ATC 2015, maka kuantitas pembalap Indonesia sekira 2-6 rider. Angka tertinggi 6 pembalap itu terjadi di tahun 2017 saja.

Itupun 2 petarung (Riefsa Firdaus Hakim dan Bima Febrinda Arfin) yang tidak support Astra Honda Motor atau privateer, terbukti tidak balapan full series, banyak absennya. Pastinya berhubungan dengan masalah pembiayaan yang tidak murah.

Biasanya, ada 3-4 racer saja yang disponsorin Astra Honda Motor (AHM). Sekali lagi ditegaskan, belum ada rilis resmi untuk skuad Astra Honda Racing Team musim 2022 yang bisa saja mempertahankan atau ada yang mengambil dari formasi 2021 (Herlian Dandi, Fadillah Arbi, Herjun AF dan Azryan Dheyo).

Oh ya, saat di awal-awal ATC (2014-2015), bahkan hanya 2 petarung from Indonesia. Ini eranya Wilman Hammer dan Andi Farid Izdihar, kemudian berlanjut Gerry Salim dan Andi Farid Izgihar lagi. BB1

Ini 20 Pembalap Indonesia Yang Lolos Seleksi Awal :

Facebook Comments

You May Also Like