Wacana Kelas Pemula C, Buat Yang Cilik-Cilik, 12 Tahun Ke Bawah ?

BeritaBalap.com-Secara kasat mata alias sepintas memang terkesan miris lihat pertarungan di kategori pemula B, yaitu kelas MP5 (150 cc) dan MP6 (125 cc). Mirisnya jika lihat pebalap cilik yang berusia 11 atau 12 tahun ke bawah harus bersaing dengan rider yang sudah berumur 14-16 tahun.

Apalagi melotoin yang masih berumur 10 tahun ke bawah tarung di MP6. Dari postur tubuhnya sudah terlihat beda. Belum lagi otot tangan dan kakinya. Belum lagi yang 14-16 tahun sudah berkumis disana-sini. Oh ya, ini semua memang sesuai regulasi. Tidak ada yang salah.

Tapi kan regulasi balap bisa saja direvisi menjadi lebih baik dan aspiratif. UUD 1945 aja bisa diamandemen. Apalagi levelnya aturan balap. Enteng bro ! Mengacu konteks dimana saat ini sudah begitu banyak pebalap-pebalap cilik sebagai efek pembinaan yang lebih dini, muncul pertanyaan kritis. Apakah sudah selayaknya hadir kelas pemula C ? Dalam hal ini untuk yang berusia 11 atau 12 tahun ke bawah.

Lebih tepat lagi, cukup dengan pacuan 125 cc yang konstruksinya lebih rendah dan kubikasi silinder lebih mudah dijinakkan. Demikian bertujuan untuk menciptakan kompetisi yang sepadan hingga secara langsung atau tidak langsung dapat lebih memotivasi anak-anak karena bersaing dengan rival seumurannya. Saat noleh ke kanan atau kiri, bukan melihat abangnya tapi temannya. He he he he…

Nah ini tim Honda Simple Concept yang banyak diisi talenta belia usia 9-12 tahun

“Lihat saja, Om. Anak saya sekecil ini main dengan yang sudah gede-gede badan e. Kelihatan lucu jadinya, “tukas Tris Wahyudi, akrab disapa Nto-Nto yang juga juragan knalpot cream-pie yang mengawal anaknya, M Diandra bermain di kelas MP6 (125 cc) dalam Motoprix 2018 region II (Jawa). M Diandra ini adalah juara nasional SE65 novice (2017).

“Sebetulnya akan sangat menarik jika ada level dibawah pemula B, misal disebut pemula C atau apalah namanya. Pasti persaingannya ramai, “tukas Robby Yudha Kurniawan, manajer tim Honda Simple Concept yang menaungi M Diandra dan beberapa petarung cilik lainnya. Adapula nama Veda Ega Pratama yang juga berumur 9 tahun. Ini putera pembalap nasional, Sudarmono. Foto Diandra dan Veda Ega menjadi gambar utama (atas) berita ini. Mereka memang sahabat dekat, seperti juga kedua bapaknya.

Donny Mahardjono (komisi balap motor) sebut tidak menutup kemungkinan pengadaan kelas untuk usia yang lebih muda dari regulasi saat ini

Lebih lanjut, pihak berwenang, yaitu IMI ikut merespon fenomena ini. “Soal Pemula C yang dikondisikan untuk yang lebih muda, bisa saja kita adakan. Kita masih melihat animonya. Selama ini memang cenderung di Jawa. Yang pasti, soal ini tidak menutup kemungkinan diadakan, “tegas Donny Mahardjono selaku Ketua Komisi Balap Motor IMI saat diskusi ngalor-ngidul dengan penulis. Kita lihat saja ya perkembangan lebih lanjut soal wacana ini. BB1    

 

Facebook Comments

You May Also Like