Wow..! Hanya BMW Pakai Pelek Karbon di Balap Superbike (WorldSBK), Ini Alasannya


BeritaBalap.com-Pacuan BMW S1000RR dipastikan sebagai satu-satunya motor yang menggunakan velg alias pelek berbahan karbon dalam balap superbike dunia (WorldSBK). Tentu saja, konteks ini sah-sah saja dan celah peraturannya sudah dilihat oleh manajemen BMW. Artinya sudah melalui proses bertanya kepada pihak berwenang. Paham ya !

Alasan utamanya, memang sudah memilikinya di pabrik. Memang sudah ada yang standarnya. Bukan dipesan atau dibeli khusus. Tim-tim lain memang berbahan alumunium. So, pasukan BMW menggunakannya dalam seri pertama WorldSBK di Phillip Island, Australia, akhir pekan ini (28 Februari-1 Maret).

BACA (JUGA) : Balap Superbike (WorldSBK) Akan Dimulai, Berapa Regulasi Batasan RPM Tiap Motor ?


“Ini 100 persen motor yang dapat dipesan sebagai standar pabrik. Motor ini berasal dari jalur perakitan di Berlin. Menurut peraturan, hanya motor ini yang diperbolehkan, “komentar Marc Bongers selaku Direktur Motor BMW.

Tentu saja, semua keputusan penggunaan ini sudah melalui tes atau pengujian hingga diputuskan pula bahwa hanya dipakai untuk bagian depan dari pacuan BMWS1000RR tersebut.

BACA (JUGA) : Bos-Bos Tim Superbike (WorldSBK) Tuntut Dorna Sebagai Penyelenggara, Soal Apa ?

“Kedua pembalap memberikan umpan balik positif, tetapi hanya untuk roda depan. Roda dengan pelek karbon memiliki kekakuan yang berbeda dari roda dengan OZ yang telah kami gunakan hingga sekarang. Kami saat ini menggunakannya untuk roda depan. Penggunaan roda belakang tergantung pada trek dan kondisinya, “terang Marc Bongers yang dilansir media Motorsport-Total.com.

“Sebelum pengujian, kami mengumpulkan data teknis. Kami mengukur momen inersia dan nilai kekakuan serta membandingkan roda satu sama lain. Kekakuan pada roda berkontribusi besar terhadap pengalaman berkendara. Roda dengan pelek karbon lebih mudah dalam pengereman dan lebih cepat berakselerasi, “tambah Marc Bongers yang menyebut ada perbedaan berat hingga 20 persen dari pelek sebelumnya (OZ Racing). BB1

Facebook Comments

You May Also Like