Wow, Yamaha YZF-R3 Diperbolehkan Ikut Balap AP250 ARRC 2024 Dengan Regulasi RPM ?

BeritaBalap.com-Diprediksi akan ada perubahan penting dan menarik dicermati dalam regulasi motor untuk kompetisi balap Asia Production 250 (AP250) gelaran balap Asia Road Racing Championship tahun depan (ARRC 2024).

Informasi yang diterima penulis dari Ibnu Sambodo, akrab disapa Pak De selaku pemilik tim Manual Tech yang konsen di AP250 bahwa musim depan diperbolehkan motor Yamaha YZF-R3. Namun penegasan Pak De, kita sebut saja sebagai isu walaupun itu sudah hampir pasti ataupun sudah pasti. Dalam hal ini, sampai kita menunggu pemberitahuan resmi dari TWMR selaku promotor penyelenggara.

“Bagi saya pribadi dan tim tidak ada masalah dengan diperbolehkannya R3 dalam AP250 tahun 2024. Yang namanya balapan, ya kita harus berjuang dan bersaing. Kalaupun ada yang protes, menurut saya ya lumrah saja. Itu manusiawi, “tukas Pak De yang bermarkas di Jl. Gito Gati Sleman Yogyakarta.

koizumi
Ibnu Sambodo tidak ada masalah jika R3 diperbolehkan ikut AP250 (ARRC 2024)

Tentu saja, akan ada aturan sehubungan YZF-R3 yang notabene memiliki kapasitas lebih besar (321 cc). Dalam hal ini sehubungan batasan RPM tertinggi yang didesain yang lebih rendah agar kompetisi berjalan seimbang.

Rumor lainnya lagi, tim Yamaha dari berbagai negara akan menurunkan pasukannya untuk ambil bagian di AP250 dikarenakan diijinkannya penggunaan YZF-R3. Mungkin selain Yamaha Racing Indonesia (YRI), juga comebacknya Yamaha Thailand ataupun hadirnya Yamaha Malaysia dan Yamaha Filipina.

Menyangkut diijinkannya YZF-R3, sebetulnya ini konsep yang sudah ada di balap dunia WorldSSP300 dimana YZF-R3 harus bersaing dengan Ninja 400, KTM RC390R dan lain-lain. Tapi memang aturan tekniknya terlihat seimbang hingga sejak lap awal bersaing ketat sampai dengan bendera finish dikibarkan.

Oh ya, kabarnya juga kudabesi Kawasaki ZX-25R yang 4 silinder itu juga diperbolehkan ikut AP250. Soal ini akan kita bahas lebih lanjut ya. BB1

Facebook Comments

You May Also Like