Yamaha 125Z Garmos Racing Purworejo : Riset Belum Selesai, Sudah Podium IV Motoprix 2018 Jogja

BeritaBalap.com-Pacuan berbasic Yamaha 125Z ini tidak banyak perubahan. Maksudnya belum ekstrim. Namun motor tim Karya Kayu Bongpas Garmos Racing asal Purworejo ini dapat finish ke-4 dalam kelas Underbone 2 Tak s/d 125 cc di seri ke-6 Kejurnas Motoprix 2018 di Sirkuit Lanud Gading, Yogyakarta, Minggu (2 September).

Jokinya ialah petarung senior, Jojon AM yang pastinya disupport Andi Karya selaku komandan tim yang memang fokus di balap skala Kejurda ataupun nasional. Oh ya mekaniknya ialah Eko Garmos yang paling asyik jika diajak berdiskusi alias bincang-bincang.

“Untuk kompresi statisnya 13 : 1. Ini rumusan yang pastinya membuat mesin kuat dan awet sepanjang lomba. Selanjutnya untuk menyesuaikan pengiriman bensin ke ruang bakar yang menjadi tugas karburator, maka mengandalkan Keihin Sudco 28 dengan kombinasi main-jet 148 dan pilot-jet 52. Itu settingan yang agak kering, “jelas Eko Garmos selaku mekanik.

koizumi
Tim Karya Kayu Bongpas Garmos Racing asal Purworejo yang andalkan Yamaha 125Z

Eko Garmos juga menambahkan bahwa guna mendongrak tenaga mesin jadi lebih responsif, maka mengandalkan pengapian milik Yamaha YZ 125. Itu lengkap mulai dari magnet, sepul sampai koilnya yang mampu bikin tenaga melejit. Dijamin lebih responsif karena memang bobot magnet lebih ringan. Lanjut ke modifikasi silender, Yamaha 125Z yang dominan warna hitam ini memiliki tinggi port-exhaust atau lubang 25 mm.

Tentu saja, nilai tadi diukur dari bibir silinder. Dalam konteks ini, itu sama artinya dengan daging atas exhaust “dimakan” sebanyak 7 mm dari tinggi standarnya 32 mm. Efek yang terasa kental, bahwa power band menjadi lebih sempit dan terasa spesial dari menengah ke atas. Power atas selalu isi, tidak hanya teriak.

Knalpot Jet’s asal Boyolali yang didesain sesuai kebutuhan mesin

Oh ya (lagi), untuk knalpotnya menggunakan produk jets yang berasal dari Boyolali. “Desain knalpot dimodifikasi dimana desain pipa P1, volume dan silincernya sesuai kebutuhan mesin, ”tambah Eko Garmos yang menyebut alamat lengkap produsen Knalpot JET’S Exhaust Technology ada di Jl. Tentara Pelajar No 17, Kiringan, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

So, kita tunggu lagi ya aksinya di babak final Kejurnas Motorprix 2018 region Jawa yang direncanakan akan berlangsung di GOR Satria Purwokerto, Jawa Tengah pada akhir Oktober nanti. Infonya ada beberapa bagian part mesin yang siap diriset lebih dalam. D 14 N

Facebook Comments

You May Also Like