Yamaha Siap Usul All New R15 (IRS 2018), Power Standarnya Tertinggi !


BeritaBalap.com-Ada pernyataan menarik dan sedap dinikmati dari Wahyu Rusmayadi, Divisi Motor Sports Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) saat acara Gala-Dinner atau semacam syukuran tim-tim Yamaha yang bertarung di IRS 2017 Sentul, Minggu malam (10 Des).

Wahyu Rusmayadi, Divisi Motor Sports YIMM, juga manajer tim Yamaha Racing Indonesia (YRI)

Inti ucapannya, bahwa Yamaha akan mengusulkan kepada pihak penyelenggara IRS 2018 untuk dapat menggunakan motor All New R15 terbaru dalam kelas Kejurnas Sport 150. “Kita akan usulkan kepada Indospeed agar All New R15 dapat diperbolehkan main IRS tahun depan, “tegas Wahyu Rusmayadi yang setia didampingi seniornya, Kadek Suma.

Mereka ini duet-maut Motor Sports YIMM yang sukses kuasai region dan juara nasional seeded MP1 (150 cc) dan MP2 (125 cc) dalam final region (Motorprix 2017). Secara logika, memang sah-sah saja, manusiawi dan memang potensial dalam konteks promosi. Karena memang motor ini yang dijual di pasaran.


Nah, problemnya, maka motor lain harus menyesuaikan secara spesifikasi teknik. Utamanya kapasitas silinder yang sudah 155 cc. Catatan penting, bahwa Honda CBR150R masih 149,2 cc ataupun Suzuki GSX150R yang 147,3 cc. Pastinya, akan ada pembesaran diameter piston. Jika tidak bisa tertinggal. He he he he. Lumayan ada ruang bore-up seputar 5-7 cc.

Catatan penting, bahwa All New R15 bisa menjadi momok yang menakutkan karena secara spesifikasi standar pabrik, punya Horse Power (HP) alias tenaga yang tertinggi di kelasnya. Sekilas informasi saja, All New R15 yang memiliki spek 58 x 58,7 mm (diameter x stroke) punya bekal 19,3 HP.

Secara tehnologi juga berbeda, seperti slipper-clutch dan lain-lain. Kemudian CBR150R sebesar 16,9 HP. Jadi sudah tertinggal 2,5 HP. Kalau Suzuki GSXR150 justru tidak jauh, yaitu 18,9 HP. Kita tunggu saya ya perkembangan lebih lanjut. Isunya riset sudah mulai dilakukan beberapa bulan lalu. Angka kenaikan Horse Powernya serem ! Sudah ah ! Sabar dulu ya. BB1

 

 

 

Facebook Comments

You May Also Like