Yamaha Sunday Race 2018 : Ada Tuner Galan Ridwan, Laris-Manis Set-up ECU Standar (Komunitas)

BeritaBalap.com-Jangan bingung dan jangan heran kalau di paddock-paddock tim komunitas (Yamaha Sunday Race 2018) beberapa orang lalu-lalang dengan kaos bertulisan Marukana Tuned. Sekilas seperti tulisan Jepang yang mengusung merk tertentu. Kesan pertama, kelihatan serem euy ! Apalagi selalu bawa laptop, tambah menyeramkan !

Diinvestigasi lebih lanjut, ternyata itu adalah pasukan set-up ECU standar teman-teman komunitas. Dalam konteks ini, Marukana Tuned dikomandoi tuner Galan Ridwan yang populer saat bergabung di tim AHRS. Sedikit informasi saja, Galan Ridwan ini memang pemain senior balap tanah air yang dipercaya berbagai pabrikan. Pernah di tim Yamaha, Suzuki dan Honda. Pokokke lengkap pengalamannya. Penulis juga sudah kenal lama sejak tahun 2000-an.

“Jadi Marukana itu berasal dari Bahasa Sunda. Arti singkatnya dari kalimat Marukana Tuned itu ialah setting atau tune-up seadanya. Kita fokus pada reflashing ECU pengapian. Kita atur ulang sesuai kebutuhan di trek dan menyesuaikan dengan perubahan yang ada, “ujar Galan Ridwan saat bertemu penulis di final Yamaha Sunday Race 2018 di Sirkuit Sentul, Bogor, Minggu (12 Agustus).

koizumi

Sekali lagi ditegaskan, personil Marukana Tuned ini fokus pada teman-teman komunitas yang memang tidak diperbolehkan mengganti ECU. “Kita atur ulang grafiknya, terlebih di Sentul memang penting untuk menyempurnakan grafik RPM 8000 ke-atas. Termasuk meningkatkan limiter aslinya yang memang kurang untuk kebutuhan balap. Nah, kita yang menerima jasa perubahan ECU standar ini, “ucap Galan Ridwan yang saat ini berdomisili di Ciamis, Jawa Barat.

“Kalau dihitung, ada sekitar 12 motor dari berbagai daerah atau komunitas yang kita modifikasi ECU standarnya. Sebagian besar dari Comm B. Lumayan dengan penggantian knalpot, bisa meningkatkan tenaga R15 ataupun R25. Untuk R15 bisa upgrade mencapai sekitar 5-6 HP (Horse Power), “tukas Galan Ridwan. Nah, rekan-rekan komunitas yang tertarik, silahkan kontak langsung Galan Ridwan ya di nomor HP : 0812 2329 1037. Dijamin terpuaskan ! BB1

Facebook Comments

You May Also Like