Yamaha Sunday Race 2019 Sentul : All New R15 Tembus 1 Menit 50 Detik ? Apa Trik Mekanik ?

BeritaBalap.com-Seperti sudah diberitakan sebelumnya, bahwa kelas Sport 150 cc Rider Professional dalam gelaran Yamaha Sunday Race 2019 adalah wajib dengan pacuan All New YZF-R15. Nah, langkah awal atau seri perdana kemarin terbukti sudah menorehkan 1 menit 51,2 detik.

Itu diukir oleh Wahyu Aji (Yamaha HDS Racing) dalam babak kualifikasi. Ingat ya, itu putaran perdana. Bagaimana dengan gambaran seri ke-2 Yamaha Sunday Race 2019 yang dipentaskan Sabtu-Minggu ini (27-28 Juli) ? Pastinya, potensi untuk membuat menjadi 1 menit 50 detik atau lebih baik lagi terbuka lebar.

Bima Aditya, tuner tim Yamaha Aira

“Masih terbuka besar untuk mempertajam waktu. Kita set-up mesin tidak langsung ekstrim. Step by step, mas. Misal untuk mempelajari kinerja VVA hingga dibuat lebih optimal. Ini sudah 33 HP (Horse Power). Yang pasti, basic mesin, porting dan kruk-as All New R 15 sangat mendukung. Jauh lebih baik dari R15 lawas, “terang Bima Aditya, mekanik tim Yamaha Aira yang mengawal duet rider Gupita Kresna dan Syamsul Arifin.

koizumi

Patut dipahami, untuk kudabesi R15 lawas terbukti langganan juara nasional Sport 150 cc dalam 4 tahun berturut-turut. Selalu yang terbaik. Sayangnya di tahun ini Kejurnas Sport 150 cc (IRS) tidak berlangsung. Nggak ada duit, he he he he he… !

Tidak hanya konteks mesin, segi kinerja suspensi juga menjadi perhatian para tuner yang menukangi All New R15. Misal yang dilakukan bengkel MBKW2 Yogyakarta yang memback-up petarung Fahnisyar Nurjabad, akrab disebut Iksan Lala yang meraih podium juara Sport 150 cc Rider Professional saat putaran pertama Yamaha Sunday Race 2019 (YSR (2019).

Yogi MBKW2 yang riset kinerja sokbreker belakang label Racing Bros

“Ini kita sedang meriset kinerja suspensi Racing Bros dari Taiwan yang pengaturaannya dibantu +Add Suspnesion Solo. Intinya, dibuat dengan handling yang lebih nyaman “tukas Yogi MBKW2 yang bertugas sebagai chief Mechanic Yamaha BAF Yamalube Pirelli Akai Jaya MBKW2 Racing Team. BB1

 

Facebook Comments

You May Also Like