Aneh, Suzuki Tidak Pakai Swingarm Carbon, Kenapa?

BeritaBalap.com – Disaat hampir semua tim menggunakan swingarm serat carbon, Suzuki justru tidak. Nampak jelas saat shakedown tes hari pertama, GSX-RR 2020 yang dijajal Sylvain Guintoli tetap menggunakan swingarm berbahan aluminium.

Suzuki masih percaya desain sasis berbahan alminium mampu menopang 2 kelebihan yakni kekauan dan flexibelitas sehingga Suzuki tidak melakukan riset terhadap swingarm carbon kevlar.

BACA (JUGA) : Ikuti Jejak Honda, Suzuki Akan Buat Divisi Racing Seperti HRC

koizumi

“Saya pikir penggunaan carbon Kevlar untuk swingarm, harus dipelajari dan diriset terlebih dahulu. Faktanya belum ada keuntungan menggunakan swingarm carbon Kevlar, tidak ada terbukti keuntungan penggunaan carbon kevlar. Carbon kevlar bisa saja lebih ringan, namun bisa pula justru lebih berat dari aluminium jika salah desain. Kami tetap akan mempelajarinya, namun saat ini bukan prioritas,” jelas Ken Kawachi , Technical Director Suzuki MotoGP.

BACA (JUGA) : Ketahuan Sebelum Launching, Suzuki Akan Gunakan Sistem Tuning Sasis

Suzuki puny acara sendiri untuk mengubah kekakuan sasis menurut kondisi sirkuit. sistemnya memang berbeda dibanding pabrikan lain. Suzuki memakai tambahan engine mounting lebar pada mesin menuju sasis. Ketebalannya bisa berubah menurut kebutuhan karakter sirkuit. WIC

Facebook Comments

You May Also Like