Apa Solusi Agar Seeded Honda Bisa Podium Juara ? Ada Kelas Baru Spek Mesin Std Beginner/Rookie ?

BeritaBalap.com-Mungkin ada yang beranggapan, balapan kelas paling bergengsi expert alias seeded itu harus berimbang. Jangan motor-motor pabrikan A langsung ngacir, tinggal jauh pabrikan B dan kemudian borong podium. Termasuk selalu juara nasional dalam 3-4 tahun belakangan.

Intinya, bagaimana membuat Honda tetap bersemangat karena hanya tinggal 1-2 tim saja di level seeded. Jangan sampai mereka merasa balapan bebek nasional tidak efektif dalam membangun image dan kemudian berhenti balapan. Tidak sedap dipandang mata jika kemudian one make race MX King.

BACA (JUGA) : MX King Terzalimi ? Saat 2023 Velg Lebih Lebar ! 2024 : Klep Lebih Kecil Dan RPM Dibatasi ! Apalagi Nanti 2025 ?

koizumi

Pertanyaan kritisnya, bagaimana caranya membuat sebuah persaingan itu seimbang ? Tentu saja dengan membuat peraturan yang wajib dipatuhi. Mutlak hukumnya itu akan diikuti.

Salah satu solusinya yang sedang aktual didiskusikan, bahwa kategori expert memainkan 2 kelas. Tidak 1 kelas seperti selama ini.Apa saja ? Untuk kelas pertama adalah tetap dengan spek yang sudah berjalan sebelumnya (walaupun ada revisi lagi 2024 ini agar Honda bisa bersaing), dan kelas kedua adalah expert dengan spek mesin standar ala beginner ataupun rookie.  Maksudnya regulasi teknis mesin yang modifikasinya tidak ekstrim seperti kategori OP1.

BACA (JUGA) : MX King Dibatasi RPM 14.500 Saja Agar Honda Bisa Bersaing, Apa Kata 2 Mekanik Ini ?

Bukan rahasia umum, kinerja Honda GTR 150 ataupun Sonic 150R terkendala sasis yang sulit dikendalikan ataupun kekuatan kruk as ketika tenaga bisa mencapai 30-34 Horse Power (sesuai karakter dyno masing-masing).

Alhasil, ketika balapan dengan spesifikasi mesin beginner ataupun rookie, lebih gampang dijinakkan. Fisik juga tidak terlalu terkuras. Konteks kelas baru expert dengan mesin standar ini memang sudah diplanning dan kemungkinan akan direalisasi dalam Kejurnas OnePrix 2024. Untuk kepastiannya, kita tunggu saja perkembangannya lebih lanjut.

BACA (JUGA) : Awas Regulasi OnePrix 2024 Yang ‘Tidak Aspiratif’ Jadi Bom Waktu ‘Ditinggal Peserta’ !

Patut dipahami, seperti yang telah diungkap dalam beberapa tulisan, bahwa perfoma Yamaha MX King berupaya dijerat agar Honda GTR150 ataupun Sonic 150R bisa bersaing. Mulai dibuatkan regulasi pelek yang lebih lebar (1.85 inch) untuk MX King (2023) dan tahun 2024 ini diameter klep in dan ex harus lebih kecil (22/19 mm), termasuk RPM dibatasi 14.500 saja. Tidak boleh hingga RPM 15.500-15.600 atau bahkan lebih lagi. BB1

Facebook Comments

You May Also Like