Aprilia Akan Gunakan Konfigurasi Yang Sama Dengan Honda Dan Ducati

BeritaBapa.com – Aprilia menyerah mengembangkan mesin konfigurasi V yang digunakan selama beberapa tahun ini. Bersama McLaren Aprilia akan membuat motor yang sama sekali berbeda untuk musim 2020. Bahkan komponen pada motor lama, tidak akan bisa digunakan lagi pada motor baru tersebut.

Masih dengan konfigurasi V4, Aprilia akan mengubah sudut mesin. “Walau motor baru, Aprilia akan tetap menggunakan konfigurasi V, hanya sudutnya yang berbeda,” jelas Massimo Rivola, Boss Aprilia MotoGP Racing.

Aprilia RS-GP 2020 benar-benar baru. Seluruh komponen mesin, aerodinamika hingga sasis akan dibuat mulai dari 0. “Saya tegaskan, ini adalah ambisi kami untuk memperbaharui semuanya, kami tidak akan menggunakan sedikit pun komponen dari motor lama. Ini mesin yang benar-benar baru dan menjadi tantangan,” ungkap Rivola.


Nah, Aprilia akan meniru konfigurasi Honda, Ducati dan KTM yang menggunakan sudut 90 derajat. Selama berkiprah di MotoGP, Aprilia masih memakai konfigurasi V dengan sudut 75 derajat. Selama pengembangan, Aprilia merasakan bahwa konfigurasi 75 derajat powernya kecil.

Di motor barunya nanti, Aprilia tidak akan menerapkan counter balance seperti pada mesin V 75 derajat saat ini.

BACA (JUGA) : Aprilia Gandeng McLaren Untuk Buat Motor Yang Sama Sekali Baru Musim 2020

“Kami sudah menggunakan basis mesin ini (konfigurasi V 75 derajat selama bertahun-tahun. Dari informasi yang kami dapatkan, kami sudah tahu harus berbuat seperti apa,” lanjut Rivola.

Nah, Aprilia RS-GP ini akan mulai dipamerkan saat test pra-musim di Sepang. Jadi untuk test di Valencia Aprilia masih belum bisa menunjukan motor barunya. “Kami hanya akan membuat 2 motor, tidak 4. Dan target kami adalah test di Sepang,” ungkap Massimo Rivola.

BACA (JUGA) : Iannone Tegaskan Siap Cabut Dari Tim Aprilia Jika…

Yang terpenting adalah, Massimo Rivola akan meyakinkan kepada 2 ridernya bahwa motor baru ini tidak akan bisa langsung kompetitif, namun Rivola sangat yakin padasaatnya akan bisa bersaing dengan Ducati, Honda, Yamaha dan Suzuki.

“Kami akan melakukan komparasi. Tapi saya sudah berkata pada rider jangan berpikir motor baru ini akan langsung bisa kompetitif. Motor ini sudah didevelep selama setahun dan kami akan memulai proyek baru kami untuk mengetahui perilaku motor baru tersebut,” tutup Massimo Rivola . WIC

 

Facebook Comments

You May Also Like