Balap MotoPrix Tanpa Penonton, Promotor Bisa Jungkir-Balik, Tidak Setuju !!

BeritaBalap.com-Wacana balapan tanpa penonton menjadi salah satu referensi promotor penyelenggara saat ini ditengah wabah Virus Covid-19. Demikian berawal dari MotoGP yang diputuskan tanpa penonton untuk seri-seri Eropa.

Namun untuk seri luar Eropa, maka promotor lokal tidak setuju karena 80-90 persen sumber duitnya berasal dari penonton. Kan mereka harus bayar Dorna sebagai pemegang hak ekslusif penyelenggaraa dan ini nilainya tidak sedikit. Bisa puluhan hingga ratusan miliar per-serinya.

Lebih lanjut, bagaimana jika konteks race tanpa penonton ini diberlakukan di Kejurnas Motoprix 2020. Apakah promotor sanggup melakoninya dengan hanya mengandalkan subsidi dari IMI yang diperoleh dari sponsor pendukung ?

koizumi

“Jika ditawarkan ke saya, saya tidak akan mau menyelenggarakannya. Memang berapa besar subsidinya. Untuk balapan itu paling tidak butuh biaya 150-200 juta, “ujar A selaku promotor Jawa Tengah yang tidak mau disebutkan namanya.

BACA (JUGA) : Setelah Seri 2 Yamaha Sunday Race Batal, Apakah Tetap Lanjut ? Kapan ?

“Kalau buat kita di daerah, maka penonton itu yang utama dalam menutup biaya operasional dan hadiah. Jika tanpa penonton, berat Mas. Bisa jungkir-balik, kita. Jangan samakan dengan one make race yang sudah jelas dan terjamin, “tambahnya.

Faktanya memang untuk gelaran MotoPrix, penonton itu signifikan. Bahkan mereka punya standar minimal sehubungan kehadiran penonton. Misal angka minimal 4000-5000 itu masih logis untuk saat ini. Syukur-syukur bisa lebih.

“Saya kira, semua harus duduk bareng untuk menemukan solusi saat masa pendemi Covid-19 ini. IMI tidak serta merta mengeluarkan putusan tanpa melihat jeritan promotor daerah. Lain kata, misal nilai subsidinya besar. Itu lain cerita walau memang sulit sekali untuk saat ini karena sponsor juga mengevaluasi event-event yang mereka support, “timpal A.

Wah..wah gawat ya ! Bisa jadi balap MotoPrix 2020 tidak jalan jika ada aturan tanpa penonton.  Semoga masalah Covid-19 ini segera berakhir ya dan kita dapat kembali seperti sediakala. Hampir lupa, Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H, Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin buat semuanya. BB1

Facebook Comments

You May Also Like