Balapan Sprint Race MotoGP (Sabtu) Lebih Ketat Ketimbang Yang Utama Minggu ?

BeritaBalap.com-Balapan pendek pada hari Sabtu, disebut Sprint Race yang akan berlangsung perdana dalam MotoGP tahun ini diklaim akan menjadi lebih ketat. Lebih seru dan lebih keras dalam persaingan. Ini yang diungkap oleh Luca Marini (Mooney VR46 Racing Team). Kenapa ? Apa alasannya ?

BACA (JUGA) : Hanya 2 Pembalap Yang Dapat Bersaing Hadapi Dominasi 8 Ducati Tahun Ini, Siapa ?

Sebab logisnya karena jumlah lap yang lebih pendek (setengah dari jumlah lap balapan utama Minggu), maka membuat pembalap lebih ngotot. Tidak terlalu memikirkan kondisi ban agar awet. Gas pol sejak lap awal. Strategi ketahanan ban tidak diperlukan. Lain hal ketika race Minggu yang biasanya dengan menu lebih dari 20 lap.

koizumi

“Ketika kamu harus melakukan 20 lap (dalam satu balapan penuh), maka kamu berkendara dengan cara yang sedikit berbeda. Mungkin pada 3 lap pertama, kamu bertarung dengan pembalap lain, menyalip dan mencoba menempatkan diri pada posisi kamu, juga mengetahui kecepatan terbaik”.

BACA (JUGA) : Marc Marquez Sulit Bersaing ? Bos Tim Repsol Honda Akui Tidak Ada Hal Spesial Pada RC213V

“Kemudian memberi perhatian pada ban belakang, perhatian juga pengereman hingga jangan disalip dari belakang, usahakan tetap slipstream (mencuri angin, red) tapi jangan terlalu banyak karena nanti tekanan ban depan jadi terlalu tinggi, “tutur Luca Marini yang merebut posisi tercepat dalam hasil kombinasi test Sepang Malaysia, Minggu lalu (10-12 Feb).

“Tapi saya pikir untuk 10 lap, maka itu hanya tentang memberikan segalanya di setiap tikungan. Karena tekanan ban akan baik-baik saja, keausan ban akan baik-baik saja, bahkan dengan yang tipe lembut. Juga dengan pembalap dan level tinggi motor ini, saya pikir ini akan menjadi grup yang sangat besar, dengan 7 atau 10 pembalap di depan.

BACA (JUGA) : Berapa Detik Waktu Akselerasi Motor MotoGP Dari Kecepatan 0 Ke 100 Km/Jam ?

“Kami tidak tahu persis sekarang, tetapi bagi saya, ini akan menjadi pertarungan yang sangat seru karena motor lain yang kesulitan, lebih dari 10 lap dan dengan ban lembut mereka bisa melakukan lebih banyak, “tambah Luca Marini yang dilansir dari Crashnet. BB1

Facebook Comments

You May Also Like