Ban Baru Michelin Menguntungkan Petrucci dan Rossi ?

BeritaBalap.com-Danillo Petrucci (Ducati) sukses mencatat waktu tercepat dalam hasil kombinasi tes Sepang Malaysia (6-8 Februari). Torehannya menjadi rekor tersendiri, yaitu 1 menit 58,239 detik.

Lebih lanjut dipahami, best-time tersebut diukir dengan ban belakang versi lunak model lawas alias lama alias yang sudah ada sebelumnya. Nah, ternyata di paddock tim Ducati, ada juga ban belakang baru Michelin yang dibawa pertama kalinya oleh Michelin. Sayangnya, Petrucci belum berkesempatan mengujinya.

Diprediksi akan memiliki catatan waktu yang lebih baik. Itu sesuai dengan pengakuan rekan-rekannya yang sudah menjajal ban versi baru tersebut. “Sejauh ini hasilnya sangat bagus. Jika mereka dikonfirmasi ulang juga baik dalam tes di Qatar, maka kami akan memperkenalkan solusi baru ini selama musim ini, “ujar Piero Taramasso selaku Manajer Michelin.

Selain ban belakang lunak yang diklaim dapat membuat perbedaan di trek kering, perubahan lainnya adalah yang medium dan ban depan yang ditengah-tengah antara lunak dan yang rata-rata.

“Rencana kami adalah memperkenalkan bagian depan mulai dari Qatar, sedangkan bagian belakang kita dapat mulai menggunakannya dari Jerez, “tambah Taramasso. Soal ban memang menjadi problem Petrucci yang notabene memiliki bobot tubuh yang relatif lebih berat dari racer lainnya.

Pada bagian lain, pasukan Monster Energy Yamaha juga kerap mengeluh soal manajemen. Pertanyaan yang mungkin terjawab di musim 2019 adalah apakah ban Michelin terbaru tersebut dapat membuat Petrucci atau Rossi dan Vinales lebih baik di 2019 ini ? Kita tunggu saja ya perjalanan MotoGP 2019 yang akan dimulai di Qatar pada 8-10 Maret nanti. BB1

Facebook Comments

You May Also Like