Data Top Speed NSF250 Mario Aji Kalah Jauh 12-17 Km/Jam, Starting Grid ke-25

BeritaBalap.com-Menarik untuk mencermati data resmi pencapaian top speed atau kecepatan puncak dari pacuan pembalap Moto3 kebanggaan Indonesia, Mario Suryo Aji, akrab disebut Mario Aji. Oh ya, dalam sesi kualifikasi Moto3 Qatar, Sabtu (5 Maret), Mario Aji yang mengibarkan bendera Honda Team Asia berada di posisi ke-25.

Mengacu pada referensi data resmi, maka kecepatan puncak Honda NSF250 tertinggal sekira 12 hingga 17 Km/Jam. Angka yang sangat signifikan diperhatikan ketika kita bicara menu puluhan lap yang wajib dijalani.

BACA (JUGA) : Hasil Kualifikasi Moto3 Qatar : Izan Guevara (17 Tahun) Pole Position, Mario SA Ke-25, Tertinggal 2,4 Detik

koizumi

Pembalap asal Magetan usia 18 tahun tersebut menorehkan top speed 225 Km/Jam dalam sesi kualifikasi pertama (Q1). Nah, jika dikomparasi dengan top speed dari pembalap tercepat dalam Q1 (Diego Moreira/237,8 Km/Jam), maka Mario Aji tertinggal 12,8 Km/Jam.

Makin jauh lagi ketika dikomparasi dengan yang terdepan di kualifikasi 2 (Izan Guevara/242,6 Km/Jam) yang 17,6 Km/Jam. Bagaimana jika dibanding dengan top speed tertinggi dengan sesama penunggang Honda NSF250 ? Itu milik Andrea Migno (Rivacold Snipers Team) yang 239,4 Km/Jam. Jadi gapnya 14,4 Km/Jam.

BACA (JUGA) : Kualifikasi MotoGP Qatar : Bagnaia Posisi Ke-9, Ungkap Masalahnya Hingga Kalah Dari Duo Rider Satelit

Sekali ditegaskan, bahwa data top speed itu bukan jaminan kemenangan. Top speed itu berkorelasi dengan perfoma motor, gaya balap dan pastinya berat badan pembalap sesuai teori Fisika ‘Gerak Lurus Beraturan’.

Demikian hanya sebuah ilustrasi atau gambaran saja karena Yamaha M1 di level MotoGP juga kalah top speed tetapi unggul di tikungan hingga kerap di depan dalam sesi kualifikasi. Pastinya, Mario SA sebagai rookie atau bagian dari para pendatang baru Moto3 sedang berupaya optimal beradaptasi dan menemukan set-up terbaik pada motornya.

Semoga ada progress kedepannya ya, amin. BB1 (Ket FOTO : MotoGP.com)

Data Top Speed Q1 Moto3 Qatar :

Data Top Speed Q2 Moto3 Qatar :

 

Facebook Comments

You May Also Like