Efek Tidak Pernah 3 Besar, Suzuki Dapat (Lagi) Hak Khusus di MotoGP 2018

Beritabalap.com-Tim Suzuki Ecstar MotoGP akan mendapat kembali konsesi atau pemberian hak khusus untuk MotoGP 2018. Itu jika tidak mendapat podium di putaran final Valencia, Spanyol, akhir pekan ini (12 November). Sampai dengan saat ini, baik Andrea Iannone ataupun Alex Rins hanya finish terbaik ke-4 dan ke-5 saat putaran Motegi Jepang.

Peringkat mereka cukup ke-15 dan ke-17 saja dalam klasemen sementara MotoGP 2017. Jadi memang GSX-RR rada melempem di 2017 ini. Bicara soal konsesi yang didapat kembali Suzuki (2018), itu dikarenakan belum pernah mendapat minimal podium 3 besar di musim ini.

Lebih lanjut dipahami, suzuki tidak mendapat konsesi (2017) karena saat MotoGP 2016, Meverick Vinales dapat meraih podium juara di Silverstone dan tiga podium lainnya. Nah, sesuai aturan, dikarenakan tidak mendapat podium (lagi), maka hak tersebut dapat kembali alias dimiliki Suzuki lagi.

koizumi

Adapun keuntungan dari tim yang menerima konsesi ialah dapat melakukan pengujian tanpa batas, kemudian menggunakan 9 mesin dalam setahun. Jadi bukan 7 mesin dan dapat mengajukan 6 wild-card sepanjang tahun. So, membuka peluang tim untuk dapat bersaing. Adapun saat ini yang punya konsesi ialah tim KTM dan Aprilia. BB1

Facebook Comments

You May Also Like