Final YCR 2019 Tasikmalaya : Ratusan Siswa SMK Bertemu 3 Pambalap Internasional

BeritaBalap.com-Berakhir sudah perjalanan final Yamaha Cup Race (YCR) 2019 di Sirkuit Bukit Peusar Tasikmalaya, Jawa Barat, Minggu (17 November). Ini puncak dari perjalanan YCR 2019 yang sudah berlangsung di Boyolali Jateng, Medan Sumut, Pangkalpinang Kep. Babel, Pangkep Sulsel dan Sintang Kalbar.

Para finalis untuk kelas-kelas utama (YCR1, YCR2 dan YCR3) yang menggunakan motor Yamaha MX King 150 cc bertarung all-out untuk meraih hasil terbaik dan menjadi tontonan yang atraktif. Ajang balap YCR ini sudah menginjak usianya ke-30 tahun.

Pada kelas YCR1 (Moped 4T 150 cc Tune Up Injection Expert – Finalis), tercatat 3 racer yang bergantian memimpin jalannya balapan. Mulai Reza Hanum (Yamaha Aira), Herman Bas (Yamaha Akai Jaya) dan Syamsul Arifin (Yamaha Aira). Pada akhirnya, Herman Bas yang berasal dari region Sulawesi Selatan menjadi yang terbaik pada kelas YCR1. Mengalahkan pelaga-pelaga Pulau Jawa. Finisher ke-2 dan ke-3nya milik Syamsul Arifin dan Reza Hanum.

koizumi

“Perfoma MX King saya sangat prima. Stabil walau dalam kondisi suhu panas, terutama di trek lurus utama. Ini yang membuat saya percaya diri,” ucap Herman Bas yang diback-up mekanik Yogi MBKW2.

Juara Umum kelas YCR1, YCR2 dan YCR3

Disamping itu, dua potensi pembalap muda, yaitu Aldiaz Aqsal Ismaya (Yamaha Semoga Abadi Babarafi) asal Nusa Tenggara Barat (NTB) dan M Jordan Badaru (Yamaha Aira) dari Surakarta membuktian prestasi signifikan dengan meraih juara umum kelas YCR2 (Moped 4T 150 cc Tune Up Injection Novice – Finalis) dan YCR3 (Moped 4T 150 cc Standart Injection Rookie – Finalis).

Tidak kalah menarik, perwakilan 60 siswa SMK Jawa Barat dari SMK Al-Falah (Tanjungjaya), SMK Al Huda (Sariwangi), SMK As-Saabiq (Singaparna) dan SMK Muhammadiyah (Tasikmalaya) datang dan diajak berkunjung ke paddock dan ngobrol bareng dengan 3 pembalap internasional binaan Yamaha.

Yaitu Galang Hendra Pratama yang balap dunia WorldSSP300 dan dua racer AP250 (ARRC 2019), M Faerozi dan Anggi Setiawan. Ketiga rider tersebut menceritakan pengalaman mereka sejak pertama kali balapan dan bagaimana dapat meraih prestasi dengan berbagai tantangan yang dihadapi.

Tiga pembalap internasional yaitu Galang Hendra (tengah), M Faerozi (kiri) dan Anggi Setiawan (kanan) yang melakukan sesi tanya-jawab dengan para siswa SMK

Sesi tanya-jawab juga berlangsung efektif dimana siswa-siswa sangat antusias untuk memberikan pertanyaan kepada Galang Hendra, Anggi Setiawan ataupun M Faerozi. So, ini bukti bahwa YCR 2019 Tasikmalaya itu tidak hanya bicara racing, juga pembinaan dan edukasi kepada para siswa sebagai upaya untuk ikut serta mencerdaskan bangsa.

Selain itu mereka mengunjungi ke semua booth sponsor YCR 2019, mereka mendapatkan product knowledge dari masing-masing sponsor. Dengan selesainya serangkaian acara pada final YCR 2019, menjadi saksi perebutan gelar juara umum. Pada malam hari dilangsungkan acara yang bertajuk Malam Sang Juara yang dihadiri oleh tim para finalis region Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi. Acara sendiri berlangsung di Hotel Santika, Tasikmalaya.

Pada acara ini, para pembalap yang menjadi juara umum mendapatkan unit sepeda motor Yamaha, All New R15 VVA diraih oleh Herman Bass, MX King oleh Aldiaz Aqsal Ismaya dan M Jordan. Disamping itu teknisi dari masing-masing tim yang meraih juara umum diberikan penghargaan cenderamata berupa tools dengan bertuliskan Yamaha Cup Race 2019, yang diwakili oleh Yogi Is (Yamaha Akai Jaya), Hari Pristiwianto (Yamaha Semoga Abadi Babarafi) dan Bima Aditya yang diwakili oleh Yawan selaku Manager (Yamaha Aira).

Dan pastinya YIMM memberikan apresiasi juga kepada tim privateer terbaik. Pada kelas YCR4 Moped 4T 150 cc Tune Up Injection Expert – Open) diraih oleh M Abidzia (MPRT), YCR5 (Moped 4T 150 cc Tune Up Injection Novice – Open) diraih oleh Aditya Fauzi (Madu Kristal SJRT Cargloss Racetech RRS) dan YCR6 (Moped 4T 150 cc Standart Injection Rookie – Open) oleh Akhiar Putra Pratama (CMRT Bengkulu RRS Racetech). Masing-masing mendapatkan hadiah berupa uang senilai 3 juta rupiah.

Menyangkut keberhasilan event final YCR 2019 ini berkat dukungan dari berbagai sponsor seperti Yamalube, Idemitsu, KYB, Pirelli, NGK dan IRC Tire. BB1

Facebook Comments

You May Also Like