Hanya Tersisa Sendirian (2023), Akankan M1 Beralih ke Mesin V4 Pasca Rekrut Mekanik F1 Marmorini

BeritaBalap.com-Musim depan (2023) hanya tersisa Yamaha M1 yang konstruksi mesinnya inline. Jadi hanya ada 2 motor ya, itu milik duet tim Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli. Demikian setelah Suzuki memilih mundur dari balap MotoGP (2023).

BACA (JUGA) : Bos Ducati Sebut 3 Nama Kandidat Juara Dunia Hingga Seri Ke-11, Mir Dan Bastianini Tidak Masuk

Selebihnya adalah V4 yang dianut oleh pabrikan Ducati, Honda, KTM dan Aprilia. Yang disebut terakhir, setekah gagal dengan proyek RS Cube (3 silinder segaris), pada akhirnya memilih mesin V4 juga.

koizumi

Apakah kemudian Yamaha M1 juga akan beralih ke V4 ? Terlebih setelah masuknya mekanik M1 Marmorini yang notabene pernah meriset Aprilia RS-GP. Dalam hal ini, tujuan dari perubahan tersebut adalah misi untuk dapat mengejar top speed atau kecepatan puncak M1 yang selama ini kalah dengan motor lain.

BACA (JUGA) : Alex Marquez Bela Abangnya MM93, Sebut Honda Salah Karena Dengar Masukan Rider Lain

Namun memang yang inline diklaim unggul saat momen masuk dan keluar tikungan karena distribusi berat yang lebih baik. Kita tidak tahu apa yang sedang dikerjakan dan dirahasiakan principal Yamaha di Jepang. Namun tidak menutup kemungkinan M1 menjadi V4. Pastinya butuh proses yang matang, terlebih dalam pengujian. Ini kata bos tim Yamaha Massimo Meregalli.

“Kami mencoba menggunakan pengalamannya yang dia dapatkan di Formula 1 dengan Ferrari dan Toyota dan di MotoGP terakhir dengan Aprilia. Itu adalah sinyal yang menunjukkan bahwa Yamaha mengubah cara kerja dan menggunakan mekanik dari eksternal, “terang Massimo Meregalli selaku Direktur Tim Yamaha.

BACA (JUGA) : Loyonya Prestasi Honda Di MotoGP Karena Tidak Rekrut Dani Pedrosa Sebagai Penguji ?

“Ini (mesin V4, red) adalah aspek yang harus dibuat oleh para mekanik. Mereka tidak mengecualikan apapun,” kata Massimo Meregalli. Ketika kamu benar-benar beralih dari konfigurasi yang sangat kamu ketahui, butuh banyak pengujian untuk mendapatkan pengalaman. Sebelum membuat keputusan ini, kamu harus benar-benar yakin”.

Saat ini kami masih bekerja dengan konfigurasi yang telah dicoba dan diuji. Tapi saya yakin solusi lain sedang dipertimbangkan pada saat yang sama, “tambah Massimo Meregalli yang dikutip dari Motorsport-Total. BB1

Klasemen Sementara MotoGP  :

Facebook Comments

You May Also Like