Honda Team Asia Sudah Pastikan Rider Moto3 (2020), Peluang Mario SA Tertutup ?


Beritabalap.com-Honda Team Asia dipastikan sudah mengumumkan skuad pembalap Moto3nya untuk musim depan (2020). Itu dalam rangakaian MotoGP 2019 Thailand, Minggu kemarin (4-6 Oktober). Yap, hadir nama lawas Ai Ogura dan rookie Yuki Kunii.

Jadi keduanya adalah talenta from Jepang.  Ai Ogura saat ini di posisi ke-10 klasemen sementara Moto3. Kalau Yuki Kunii menggantikan Kaito Toba yang pindah ke KTM. Yuki Kunii saat ini di urutan ke-6 standing point FIM CEV Moto3. Jadi sudah lengkap ya formasi Honda Team Asia untuk level balap Moto3.

Sekali lagi ditegaskan, bahwa konteks yang dibahas ini adalah balap Moto3, bukan Moto2 yang baru memutuskan nama Somkiat Chantra (Thailand). Selebihnya (Moto2) masih berproses.


“Kami masih membahas tentang pembalap Moto2 kedua untuk tahun 2020 nanti. Kemungkinan besar adalah pembalap dari Indonesia, “ujar Hiroshi Aoyama yang saat ini berusia 38 tahun. Statement tersebut dikutip dari media SpeedWeek.com. Jelas dan tegas ya bahwa formasi Moto3 sudah fix dan tidak dibahas lagi.

Mario SA, bisa jadi tahun depan (2020) tetap balap FIM CEV Moto3 karena memang belum berprestasi signifikan (Ket FOTO : Instagram Astra Honda)

Kembali ke bahasan awal. Hadir pertanyaan kritis, apakah dengan deklarasi Honda Team Asia tersebut, maka tertutup potensi dan kemungkinan pembalap tanah air, Mario SA untuk balap Moto3 ? Apakah Mario SA tetap diplot balap FIM CEV Moto3 saja dahulu alias juniornya Moto3 ?

Jawabannya, bisa ya dan bisa juga tidak. Jika kemudian, referensinya adalah Honda Team Asia, maka tertutup sudah. Namun jika bisa ke tim lainnya, maka ada peluang Mario SA untuk balap Moto3 tahun depan. Tentu saja, jawaban logisnya ialah prestasi 2018 ini. Logika sederhananya, harus kompetitif dahulu di musim FIM CEV Moto3 yang dijalani tahun ini.

Jika oke, baru kemudian naik level. Maksud hati, tidak sekedar ambil bagian saja. Namun terbukti punya taji, kan set-up motornya hampir sama, NSF250RW.  Saat ini Mario SA ada di posisi ke-16 saja dalam standing point FIM CEV Moto3. Juga klasemen akhir di KTM MotoGP Rookies Cup  2019 di posisi ke-16. Kita tunggu saja ya perkembangan informasinya lebih lanjut. BB1 

Klasemen Sementara Mario SA di FIM CEV Moto3 (2019) :

Klasemen Akhir Mario SA di KTM MotoGP Rookies Cup 2019 :

Facebook Comments

You May Also Like