Ini Daftar Biaya Suku Cadang MotoGP Jika Terjadi Kecelakaan, Satu Kali Crash Bisa Lebih 7 Milyar

BeritaBalap.com-Crash atau kecelakaan atau insiden terjatuh, itu biasa terjadi dalam balap MotoGP. Para pembalap berupaya mencapai limit dengan set-up motornya. Menjadi berpotensi jatuh karena memiliki tenaga lebih dari 300 HP (Horse Power). Musim 2021 tercatat terjadi 278 kali crash.

BACA (JUGA) : Ducati Dikeroyok 5 Pabrikan, Ini Alasan Larangan Alat Penurun Suspensi Depan

Nah, yang menarik adalah mengetahui berapa biaya penggantian spare part atau suku cadang untuk motor MotoGP yang mengalami kerusakan atau harus diganti saat setelah crash. Yang perlu diketahui, bahwa bisa menyentuh angka 150 ribu euro atau lebih dari Rp. 2 milyar.

koizumi

Merujuk dari data Corsedimoto, bahwa biaya penggantian spare part itu, minimal 10-20 ribu euro, ini sekira 150-300 juta hingga rata-rata 100 ribu euro hingga rata-rata diatas 100 ribu euro atau seputar 1,5 milyar. Semua tergantung kerusakan yang terjadi dan butuh penggantian. Yang pasti, dijamin mahal karena ini motor prototype.

BACA (JUGA) : Setelah Jawara Qatar, Bagaimana Sebetulnya Dukungan Ducati Buat Bastianini ?

Sebagai contoh, bahwa di bagian depan itu ada komponen elektronik seperti instrumen 2D yang harganya 3000 euro atau 50 juta-an. Lanjut dengan kabel dan part elektronik pada dasboard yang mencapai 100 ribu euro atau 1,5 milyar.

Kemudian ketika crash dimana harus mengganti footpeg, grip dan rem belakang, maka itu mencapai 20 ribu euro atau 300 juta-an. Yang lebih mengerikan, jika terjaid kerusakan pada sasis, elektronik atau mesin yang biayanya bisa melebihi 500 ribu euro.  Ini sekira 7,5-7,8 milyar. Wow.. besar sekali ya !.  Maka dari itu, tim akan banyak mengeluarkan biaya jika memiliki pembalap yang sering jatuh, tetapi pada sisi lain jarang sekali podium. BB1 

 

 

Facebook Comments

You May Also Like