Ini Dia Regulasi Baru Musim 2020 Untuk Tes, Wildcard dan GP Phillip Island

BeritaBalap.com – Pada tanggal 14 Oktober, Komisi Grand Prix telah menetapkan aturan baru untuk musim 2020 perihal rookie MotoGP, wildcard rider dan khusus GP Australia. Regulasi baru ini sudah disahkan dan akan berlaku tahun depan.

Seperti diketahui bahwa musim 2020, jumlah seri MotoGP akan bertambah menjadi 20 seri. Otomatis waktu dalam setahun pun kian padat. Menyikapi masalah itu, Komisi Grand Prix memutuskan untuk pengurangan masa tes.

BACA (JUGA) : Honda Ingin Sabet Triple Crown Di Valencia

koizumi

Di Brno sudah tidak ada lagi tes setelah balapan, bahkan di seri terakhir yakni GP Valencia yang biasanya ada tes setelah balap usai pun, musim depan akan dihilangkan. Mengingat jadwal yang sangat padat. Untuk jadwal tes musim 2020 bisa lihat table.

Aturan rookie soal tes juga berubah. Sekarang rookie MotoGP diperbolehkan berpartisipasi dalam uji coba 3 hari di di Sepang.

Sebelumnya regulasi mengatakan bahwa tes 3 hari hanya dilakukan oleh test team dan rider tim konsesi (dalam hal ini Aprilia serta KTM). Tes di Sepang nanti akan dilakukan tanggal 2 hingga 4 Februari 2020.

Di kelas Moto2 regulasi wildcard berubah. Karena keterbatasan unit ECU Magneti Marelli, maka wildcard hanya diperuntukan bagi tim yang tahun sebelumnya sudah turun penuh di Moto2. Artinya tim baru tidak diperkenankan menambah rider melalui wildcard.

BACA (JUGA) : Lin Jarvis Tuding Ducati Dan Suzuki Akan Comot Ridernya

Yang terbaru adalah regulasi khusus GP Australia. Di seri ini, tim bisa melepas winglet demi keamanan. Pasalnya di GP Australia lalu, pemakaian winglet sangat membahayakan, korbannya adalah Miguel Oliveira.

BACA (JUGA) : Tampil Dalam Pameran EICMA Milan, Marquez Sebut Ingin Lebih Lama Di Honda

Seperti diketahu bahwa semua tim hanya bisa menggunakan fairing yang sudah didaftarkan untuk satu musim penuh. Artinya jika sudah dihomologasi menggunakan fairing tersebut, maka selama semusim tidak diperkenankan dilepas maupun diganti. Nah, khusus di GP Australia, winglet tersebut boleh dicopot demi safety. WIC

 

Facebook Comments

You May Also Like