Ini Yang Di Lakukan YRFI Jateng Saat Buka Puasa Bersama

BeritaBalap.com- Dikenal dengan tingginya rasa persaudaraan dan ikatan emosional yang terjalin dalam sebuah komunitas membuat anggotanya kerap melakukan aktivitas dan bertemu di waktu luang. Namun dengan situasi pandemi Covid-19 saat ini membatasi keinginan untuk berjumpa menghabiskan waktu bersama.

Bulan Ramadhan ini menjadi momen baik yang dimanfaatkan komunitas buat bersua dan berbagi cerita langsung bertatap muka saat ngabuburit atau buka puasa bersama. Seperti yang dilakukan oleh YRFI (Yamaha Riders Federation Indonesia) Jawa Tengah yang menggelar bukber bareng di Semarang.

”Kondisi pandemi ini memang membatasi pertemuan kami, namun saat bulan Ramadhan ini kami menyempatkan buka puasa bareng, tentunya dengan menerapkan aturan protokol kesehatan. Selain kegiatan kopdar seperti ini, biasanya kami adakan acara online seperti podcast tematik di social media untuk saling berbagi story mengenai berbagai hal,” ungkap Herwin Sinaga, Wakil Ketua YRFI Jawa Tengah.

koizumi

Herwin mengungkapkan, saat buka puasa bersama, YRFI Jateng menerapkan hal-hal berikut :

-Pastikan kondisi tubuh sehat atau tidak sedang sakit. Namun bukan hanya fisik, tapi psikis pun harus tetap dijaga. Berpikir positif dan menjaga suasana hati selalu bahagia membantu kondisi psikologis yang sehat. Hal ini sangat membantu jika ingin bertemu sesama anggota komunitas, fisik dan psikis terjaga baik yang berpengaruh pada imunitas tubuh.

-Saat bertemu, jumlah pesertanya dibatasi dan tidak berlama-lama. Dan agar dapat merangkul anggota yang lain yang tidak datang, lakukan secara online di waktu bersamaan dengan waktu yang dibatasi juga.

-Tentukan tempatnya dan lakukan reservasi terlebih dahulu. Disarankan memilih tempat yang cukup lapang agar lebih leluasa menjaga jarak dan tempat yang menerapkan protokol kesehatan sehingga aman bagi semuanya.

-Jika melakukan kegiatan sosial sebagai bentuk empati kepada sesama yang membutuhkan di bulan puasa ini, jumlah anggota yang dilibatkan dibatasi.

-Terapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, bawa hand sanitizer atau sabun untuk cuci tangan, jaga jarak.

Lalu untuk biker, YRFI Jateng juga memberikan beberapa tips di bulan puasa :

-Bagi yang berkendara sepeda motor disarankan ketika sahur, konsumsi makanan yang mengandung air, hal ini akan membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh saat berkendara di bawah terik matahari.

-Tentukan waktu dan rute saat akan berkendara motor, hal ini untuk menghindari kelelahan karena cuaca panas dan macet di siang hari.

-Perbanyaklah mengucap kalimat istighfar untuk mengendalikan emosi saat berkendara di jalan.

-Gunakan kelengkapan safety gear, mulai dari helm, jaket, sarung tangan, dan sepatu yang nyaman.

Facebook Comments

You May Also Like