Inilah Hasil Desain Aerodinamika Dari Insinyur F1

BeritaBalap.com – Walau dengan budget kecil, pada akhirnya Aprilia serius dengan MotoGP. Hal itu dibuktikan dengan penambahan departemen yang selama ini belum dimiliki Aprilia di MotoGP. Salah satunya adalah departemen aerodinamika.

“Kini kami punya struktur bagus di elektronik dan aerodinamika kami makin siap dengan proyek ini,” tutur Romano Albesiano, technical director Aprilia.

BACA (JUGA) : Aprilia Isi 2 Departemen Dengan Insinyur F1, Departemen Apa Saja?

koizumi

Wujud hasil kerja insinyur F1 terlihat pada shakedown tes Sepang. Paket aerodinamika RS-GP tidak hanya seputar fairing dengan winglets ala F1, namun pada bagian roda sudah mulai dipikirkan untuk mengalirkan udara secara laminer agar tidak terjadi gaya drag berlebihan.

Perhatikan pada penutup roda depan, desainnya menyatu dengan sepatbor depan. Keduanya Nampak menjadi satu kesatuan paket aerodinamika. Penutup pelek tersebut hampir memenuhi ¼ bagian lingkar roda. Bahkan tabung suspensi depan tidak dibiarkan bertabrakan dengan udara.

Aprilia sangat berharap, selain udara yang ke radiator, arah udara dari depan, langsung menyamping tanpa membentur bagian terluas bagian RS-GP, yakni depan. Dengan demikian, Aprilia akan memiliki kelebihan ketika di trek lurus dan high corner speed.

Pertanyaannya, akankah RS-GP mampu berbuat banyak saat tes IRTA 7-9 Februari nanti? WIC

Facebook Comments

You May Also Like