Jelang WSBK 2017 Laguna Seca, USA : Musim Lalu Dominasi Kawasaki, Tapi Sejarah Ducati Lebih Baik, Ini Buktinya…

Beritabalap.com – Seperti pernah diberitakan sebelumnya oleh portal berita balap paling lengkap atau terlengkap, bahwa hasil balap superbike tahun lalu (WSBK 2016) di Laguna Seca, USA dimenangkan oleh duet Kawasaki Racing Team (KRT), Jonathan Rea dan Tom Sykes.

Masing-masing merebut podium juara di race 1 dan race 2. Apakah kemudian pasukan KRT akan kembali dominan di Laguna Seca akhir pekan ini (8-9 Juli) ? Tentu saja, belum ada jaminan. Segala sesuatu bisa terjadi di dunia balap. Yang menarik, jika mencermati data, maka sebetulnya Ducati yang punya sejarah terbaik di Laguna Seca diantara 5 pabrikan lainnya (Aprilia, BMW, Kawasaki, Yamaha dan MV Agusta).

Ini mengacu sejak tahun 1998-an. Tim Ducati telah merebut 12 kali predikat juara dan 37 podium kemenangan sejak menang tahun 2004 di era James Toseland dan Regis Laconi. Sedang Kawasaki mengukir 6 kali juara dan 16 podium. Honda sendiri menjadi terbaik ketiga dalam sejarah dengan 5 kali podium terbaik. Lanjut Aprilia dengan 3 kali podium tertinggi saat era rider Troy Corser di race 1 WSBK 2000, kemudian lagi diantaranya oleh Eugene Laverty di race 2 (2013) dan Marco Melandri (2014).

koizumi

Pabrikan Yamaha sama dengan Aprilia dengan 3 podium jawara di masa Noriyuki Haga (1998, 2000). BMW mengukir dua kali podium di Laguna Seca pada tahun 2013 (Chaz Davies dan Marco Melandri). Sedang MV Augusta hanya punya hasil terbaik finish ke-10 (Race ke-2 tahun 2014 dan 2015). Dalam hal ini direbut Leon Camier. Kita lihat saja, apakah akhir pekan ini Ducati dengan skuad Aruba it Racing, Chaz Davies dan Marco Melandri yang berkuasa atau Kawasaki ? BB1

Facebook Comments

You May Also Like