Kapan Veda Ega Pratama Bisa Balap FIM JuniorGP Karena Aturan Baru 2023 ? Masih Lamakah ?

BeritaBalap.com-Banyak yang sepakat bahwa potensi pembalap muda Veda Ega Pratama menjadi andalan pabrikan Astra Honda Motor (AHM) kedepan. Putera dari mantan pembalap nasional Sudarmono asal Wonosari Gunungkidul ini akan masuk usia 14 tahun pada bulan November nanti (lahir 23 Nov 2008).

Pertanyaan kritisnya, kapan Veda Ega Pratama yang di balap nasional mengusung tim Astra Motor Racing Team Yogyakarta (ART Jogja) bisa mulai balap FIM JuniorGP yang dulunya disebut Moto3 Junior ?

Sekilas informasi saja, FIM Junior GP ini adalah tahapan ‘tradisi’ dari pasukan Astra Honda Racing Team (AHRT) sebelum masuk ke Moto3 ataupun Moto2 dan seterusnya jika memang berkenan.

koizumi

Patut dipahami pula, tahun 2023 ditetapkan bahwa untuk masuk ke FIM JuniorGP minimal berumur 16 tahun. Jadi ada peningkatan dari regulasi 2022 yang 15 tahun. Demikian mengacu pada pematangan emosi, psikologis dan skill sehubungan banyak terjadi insiden akhir-akhir ini.

Oh ya, peraturan 2023 tersebut menegaskan bahwa saat akan balapan sudah berumur 16 tahun ya. Artinya sudah menjalani hari ulang tahun dahulu. Itu minimalnya ya.

Nah, jika merujuk pada aturan tersebut dimana pula Veda Ega Pratama berultah pada setiap tanggal 23 November, maka diperkirakan baru akan balap Junior GP sekira tahun 2025. Jadi ketika berusia sekitar 16,5 tahun jika berlaku kebiasaan seri awal (1) FIM JuniorGP yang dipentaskan pada bulan Mei.

Tentu saja, itu tadi yang diatas adalah sebuah prediksi yang mengacu pada aturan main yang sudah ditetapkan FIM. Apakah akan terbukti nyata ? Belum pasti, karena bisa jadi kedepan ada perubahan aturan lagi.

Apakah bisa dengan lobi-lobi politik ? Akan sangat sulit karena bisa memunculkan protes keras dari pihak lain yang pasti punya data. Ingat, kasus David Munoz (BOE Motorsports)  yang baru boleh balap Moto3 tahun 2022 ini saat seri Mugello Italia ketika sudah memenuhi batasan umur. BB1

Aturan USIA Untuk FIM JuniorGP :

Facebook Comments

You May Also Like