Klasemen Sementara Expert OP1 OnePrix 2023 : Butuh Regulasi Seimbang Karena MX King Dominan Sekali ? Honda Ke-14 Saja

BeritaBalap.com-Sudah hadir data resmi klasemen sementara seeded atau expert (OP1). Mengacu data aktual tersebut, maka kembali ada ketimpangan antara begitu dominannya pacuan berbasic Yamaha MX King dan Honda GTR. Fenomena ini harus dicermati lebih lanjut dan disikapi bersama.

BACA (JUGA) : AM Fadly Keren ! Podium Jawara Balap Ketahanan Suzuka 4 Hours 2023

Faktanya dalam standing point tersebut, MX King begitu dominan. Mereka kuasai klasemen sementara OP1 hingga posisi ke-13. Itu semua MX King ya, sedangkan Honda yang terbaik di deretan ke-14 yang diraih Radeta Arya Khafi (Astra Motor Racing Team Yogyakarta).

koizumi

Adapun hal yang perlu dikritisi sekaligus menjadi pertanyaan, apakah situasi yang sudah berjalan 3 tahun ini akan didiamkan saja ? Apakah perlu dibuat regulasi teknis yang seimbang agar pertarungan menjadi lebih ketat dan menarik ditonton ?

BACA (JUGA) : Resmi ! Eddy Saputra Pegang Jabatan Baru Deputy Olahraga Sepeda Motor PP IMI, Levelnya Diatas Direktur On Road Dan Offroad

Anyway, hal yang perlu diantisipasi adalah ketidaksemangatan manajemen Honda (Astra Motor ataupun Astra Honda Motor) jika faktanya sulit meraih prestasi. Padahal muara dari perjuangan tim balap adalah prestasi yang bisa dijadikan materi promosi pihak yang mensponsori.

Dalam hal ini adalah pabrikan. Kalau kalah melulu dan sudah menggelontorkan budget duit yang begitu besar, maka secara logika common sense atau akal sehat adalah tidak signifikan dalam konteks promosi. Kondisi ini yang menurut penulis harus dipikirkan bersama.

BACA (JUGA) : Rider AHRT Klasemen Teratas TTC Decksa Almer Siap Ramaikan Kejurnas MRS 2023, Timnya ?

Faktanya pula, regulasi baru yang membuat MX King wajib dengan pelek yang tapaknya lebih lebar 1.85 inch (Honda boleh lebih kecil 1,60 inch) mulai tahun 2023, ternyata tidak efektif. Tetap saja MX King yang ngacir dan dominan.

Bagaimana dengan solusinya ? Ini yang harus dipikirkan bersama. Misal dengan aturan bobot pengguna MX King yang lebih berat ataupun dengan opsi pembatasan RPM mesin. Ingat, di Kejurnas OnePrix 2023 Tasikmalaya Minggu lalu, MX King bisa melaju sampai dengan RPM 15.600. Wow..! Kalau diaplikasi di GTR diprediksi kuat tidak akan kuat. Mesin jebol untuk melahap puluhan lap.

Dibawah ini ya data klasemen sementara kategori seeded OP1 Kejurnas OnePrix 2023 yang dilansir dari akun instagram resmi Kejurnas OnePrix 2023 (oneprixid). BB1

Klasemen Sementara Seeded OP1 :

 

Facebook Comments

You May Also Like