KTM Makin Oke Setelah Ganti Bahan Bakar ? Tinggalkan Total/Elf, Pakai ETS Racing Fuel

BeritaBalap.com-Ternyata, sejak akhir Mei 2021 ini, tim KTM memutuskan untuk mengganti pemasok bahan bakar untuk pacuan RC-16 yang dibesut Miguel Oliveira dan Brad Binder, pastinya termasuk tim keduanya, Tech3 KTM. Lebih tepatnya sejak seri Mugello, Italia.

Pabrikan asal Austria ini memilih untuk bermitra dengan ETS Racing Fuel. Ini juga produk yang dipakai tim Suzuki Ecstar sejak musim 2020. Konteks ini yang disebut memunculkan perdebatan karena secara bersamaan prestasi tim KTM langsung melejit.

BACA (JUGA) : Dovizioso Sebut Nasib Balapnya Di Tahun 2022 Tergantung VR46, Kok Bisa ?


Terutama dengan perfoma spesial Miguel Oliveira yang jawara di Catalunya dan podium runner-up di Mugello dan Sacshsenring. Saat ini ada di posisi ke-7 klasemen sementara.

Tentu saja, secara logika bukan hanya bahan bakar yang jadi penyebab. Diklaim yang lebih penting adalah sasis baru dan lengan ayun baru. Nah, kombinasi bahan bakar, sasis dan arm tersebut yang membuat KTM RC-16 meroket prestasinya.

BACA (JUGA) : Quartararo Siap Mentahkan Prediksi Banyak Orang, Siap Buktikan M1 Juga Jos Di Austria

Sebelumnya (hingga putaran Le Mans), KTM mengaplikasi bahan bakar yang dipasok Total/Elf. Oh ya, bagi yang belum paham, untuk MotoGP itu pabrikan dibebaskan memilih pemasok bahan bakarnya, jadi dengan Moto2 yang sama produk atau jenisnya. Namun memang harus melalui proses homologasi FIM.

Regulasi bahan bakar di MotoGP

Sekilas informasi saja, ETS Racing Fuel itu didirikan tahun 1989 dan dibawah naungan ESSO di Perancis. Kalau sekarang ini dibawah HCS Group GmbH yang berasal dari Jerman.

Pabriknya ada tiga buah di Jerman, kemudian dua di Inggris dan satu di Perancis dan USA. Sebelumnya sudah kerjasama KTM tetapi untuk balap FIM Motoceoss dan AMA SX/MX dengan 20 gelar jawara. BB1

Data Teknis ETS Racing Fuel :

 

 

Facebook Comments

You May Also Like