Marc Marquez Peringatkan Unsur Keselamatan Trek Mandalika Lombok

BeritaBalap.com-Sirkuit Mandalika Lombok Indonesia diproyeksikan menjadi tuan-rumah balap MotoGP tahun depan (2022). Saat ini masih dalam proses pembangunan dan biasanya berlanjut dalam konteks homologasi FIM.

Pastinya, yang menarik dari Mandalika, bahwa lintasannya yang tidak sepenuhnya trek balap. Jadi ada yang ‘mengambil’ area jalan raya umum. Alhasil, balapannya akan dikombinasi dengan trek yang dikelilingi hotel-hotel dan perkantoran ataupun resort. Maklum saja, posisi Sirkuit Mandalika memang berada di pinggir pantai.

BACA (JUGA) : Miller Dan Bagnaia Sepakat Trek Sachsenring Tidak Cocok Buat Ducati

koizumi

Lebih lanjut, menarik untuk mengetahui bagaimana pendapat Marc Marquez (Repsol Honda) menyangkut sirkuit jalan raya seperti Mandalika Lombok ini. Apakah suka atau tidak ?  Jawabannya, bukan soal like and disliked tetapi mengacu pada sajian unsur keamanan yang ada.

Butuh wilayah yang memadai ketika terjadi pembalap yang kebablasan atau melebar. Harus sama atau lebih baik dari trek yang memang khusus buat balapn. “Sirkuit jalan raya yang ada saat ini sepertinya tidak terpikirkan pentingnya keselamatan karena kondisi aspal dan minimnya jalur evakuasi di tikungan”.

BACA (JUGA) : Belum Balapan Tapi Alberto Puig Pesimis Kondisi Marc Marquez Di Sachsenring

“Pembalap yang balapan di trek jenis ini di masa lalu memiliki keberanian besar karena mereka balapan dalam kondisi yang jauh lebih tidak aman dibandingkan dengan pebalap MotoGP saat ini, ”tutur Marc Marquez yang saat ini masih berkutat dengan cederanya yang membuatnya belum juga fit 100 persen.

“Kalau saat ini keselamatan sirkuit perkotaan bisa terjamin, dengan area keamanan yang baik saat jatuh atau pengereman berlebihan, semuanya akan menguntungkan”.

“Saya pikir, ada proyek dalam pengertian ini, tetapi saya tidak tahu dimana itu saat ini. Mengapa tidak melakukannya ? Saya berharap suatu hari nanti saya bisa balapan diantara gedung karena itu akan menyenangkan, tetapi itu harus diatur dengan sangat baik, dengan jarak atau celah yang cukup dan itu memang akan sangat rumit, ”tambah Marc Marquez. BB1

Klasemen Sementara MotoGP :

Facebook Comments

You May Also Like