Mau Ikut MotoGP, Ini Biayanya?


BeritaBalap.com – Bukan rahasia lagi bahwa MotoGP merupakan kategori teratas dalam kompetisi motor. Selain sebagai puncak tertinggi kompetisi, dari segi biaya pun balapan ini yang paling besar. Lantas berapa Rupiah yang dibutuhkan?

Hanya sebatas tim satelit, menyewa motor lengkap dapat menelan biaya hingga 2 juta euro per musim per rider. Supaya tidak pusing, beritabalap.com akan langsung mengkonversi biaya dalam Euro ke Rupiah dengan kurs 1 Euro = Rp 16.975.

BACA (JUGA) : Homologasi MotoGP Diserahkan Lewat Virtual


Nah, angka 2 juta Eur itu sama dengan Rp 33,95 Milliar. Dengan jumlah segitu banyak, motor yang disewa bukanlah spek tertinggi, melainkan B spek. Sementara motor spek A berkisar 3 juta Eur atau setara Rp 50,95 Milliar. Wow.

Biaya yang dikeluarkan tersebut belum termasuk pengembangan seperti wind tunnel dan tanpa disertai spare part. Khusus part cadangan dibutuhkan biaya tambahan tersendiri.

Biaya pengembangan aerodinamika di dalam wind tunnel, tergolong cukup mahal

Sebagai gambaran bagian elektronik motor MotoGP akan membutuhkan biaya Rp 1,69 Milliar. Itu sudah termasuk sensor, dashboard dan harness system (kabel bodi). Masih ditambah dengan part lain seperti body dan hingga rem.

BACA (JUGA) : Setelah Miliki 7 BMW, Marc Marquez Punya Mobil Baru Lagi, Apa Ya ?

Khusus suku cadang perangkat rem dibutukan tambahan Rp 1,18 Milliar. Itu termasuk 3 pasang kaliper, 3 master rem, 10 disc brake carbon dan 28 pasang kampas rem khusus. Angka Rp 1,18 Milliar tersebut belum termasuk pajak loh yaaa.

untuk spare part cadangan pada pelek, harus sedia sebesar Rp 67,9 juta per buah. Dan setiap motor setidaknya membutuhkan lebih dari 5 set pelek.

BACA (JUGA) : Iannone Minta Maaf Espargaro Soal Kesombongannya, Apa Stress Kasus Doping ?

Selain dari sisi teknikal, untuk crew pun tidak kalah mahal. Setiap orang baik staff maupun crew memiliki kisaran biaya perjalanan sebesar Rp 11,8 Milliar. Angka itu digunakan untuk crew berjumlah 20-30 orang termasuk tiket pesawat, hotel hingga biaya catering.

Dengan catatan biaya seperti itu, merupakan langkah awal membiayai sebuah tim MotoGP, namun belum terhitung dengan gaji staff hingga gaji rider yang nilainya bermacam-macam.

Tertarik? WIC

Facebook Comments

You May Also Like