Mau Tahu Asal-Muasal Lambang Ferrari ‘Kuda-Jingkrak’ ?

BeritaBalap.com-Simbol atau logo Ferrari sudah begitu membumi. Sudah begitu kuat imagenya. Tiada lawan di kelas sedan sport. Lebih lanjut, mungkin banyak yang belum tahu bagaimana cerita asal muasal lambang Prancing-Horse atau kuda jingkrak yang menjadi ciri pabrikan asal Italia ini.

Justru semua berawal dari perjalanan Alfa Romeo yang saat ini sama-sama dengan Ferrari menjadi anak peusahaan dari Fiat Group. Jadi Enzo Ferrari pada awalnya memenangkan balapan Coppa Acerbo di Italia. Itu pada tahun 1924. Lanjut kemudian tahun 1929 dibentuklah tim Scuderia Ferrari dengan mobil Alfa Romeo.

Nah, suatu hari Enzo Ferrari bertemu dengan pilot terkenal Perang Dunia pertama, yaitu Francesco Baraca. Di pesawat tersebut, tepatnya di badan pesawat ada lambang kudang berjingkrak. Logo ini yang kemudian diminta Enzo Ferrari untuk ditaruh di mobil balapnya demi sebuah keberuntungan. Tahun 1932, muncul lambang tersebut pada Alfa Romeo saat balap di Spa dan membawa hasil spesial dengan merebut podium pertama dan kedua.

koizumi

Lalu kemudian Alfa Romeo mengalami kesulitan keuangan pada tahun 1933 dan memilih mundur dari balapan dan meninggalkan tim Scuderia Ferrari. Namun logo ini tetap menonjol seperti pada Alfa Romeo Bimotore (1935). Alfa Romeo kemudian membeli saham Ferrari dan mengembangkannya ke Alfa Corse.

Saat balapan berhenti karena Perang Dunia Kedua, Enzo meninggalkan Alfa Romeo untuk selamanya agar dapat membangun mobil balapnya sendiri. Disepakati bahwa ia tidak boleh memasukkan nama Ferrari selama 4 tahun. Bisnisnya membuat mesin dan hasrat untuk balap tidak hilang selama masa perang, bahkan saat kantor di Maranello juga dibom. Baru tahun 1947, Ferrari membangun mesin 12 silinder Tip 125S. Mobil ini balapan pertama saat Grand Prix Italia (1948). BB1

Facebook Comments

You May Also Like