Mencermati M1 Yang Lebih Spesial di Qatar, Apa Saja Evolusinya ?

BeritaBalap.com-Yamaha YZR-M1 lebih bertenaga di Sirkuit Losail Qatar. Lebih spesial hingga mendominasi dalam test beberapa hari lalu (10-12 Maret). Vinales, Quartararo dan Morbidelli serta VR46 ada di posisi ke-2, ke-3, ke-4 dan ke-11.

Hanya beda tipis 0,0 sekian detik dari Jack Miller (Ducati) yang meraih posisi tercepat. Namun disebut Meregalli bahwa mereka belum puas dalam pengujian Qatar. Bahkan disebutnya masih dalam tahap 85 persen.

BACA (JUGA) : Morbidelli Lebih Berpeluang Juara Dunia MotoGP Daripada Rossi

koizumi

“Saya merasa sulit untuk mengatakan bahwa kami bahagia, karena kami tidak pernah bahagia, tetapi saya dapat mengatakan bahwa kami semua puas. Mungkin agak sulit menilai berdasarkan tes ini, karena di Qatar kami selalu cepat. Saya akan mengatakan bahwa kami berada di persentase 85%, “ujar Meregalli sebagai manajer tim Yamaha.

Sasis baru versi 2021

Lebih lanjut, adalah menarik untuk mencermati apa saja perubahan yang terjadi pada perfoma M1 seiring dengan aturan larangan pembekuan mesin hingga akhir tahun 2021. Dalam konteks ini menyakut 2 variabel, yaitu sasis terbaru (2021) dan aerodinamika yang berbeda.

Untuk rangka disebut memang mirip dengan versi 2020. Hanya sedikit saja perubahannya untuk penyempurnaan.  Hal lain yang berubah adalah aerodinamika baru. Yamaha kini memiliki spakbor depan yang tidak lagi menutupi bagian atas ban depan.

BACA (JUGA) : Curhatan Adik VR46, Coba Meniru Gaya Balap Jack Miller Tapi Tidak Bisa

Manfaatnya adalah pendinginan yang lebih baik dan kecepatan tertinggi mungkin lebih baik karena menjaga udara pada tekanan lebih tinggi sehingga bergerak lebih cepat. Bagian aerodinamis kecil ini sepertinya menunjukkan bahwa Yamaha sedang mengerjakan aerodinamika untuk mengoptimalkan kecepatan tertinggi.

Anyway, dalam musim MotoGP yang ditandai dengan regulasi mesin dibekukan, makas setiap detail dapat membuat perbedaan. “Kami telah menemukan beberapa solusi yang memberi saya lebih banyak perasaan dengan bagian depan sehingga saya dapat memasuki tikungan lebih cepat. Saya juga memiliki daya cengkeraman ban yang lebih baik saat berakselerasi, ”timpal Rossi. BB1

Hasil Kombinasi Selama 3 Hari Tes Qatar : 

Facebook Comments

You May Also Like