MotoGP 2018 Silverstone : Dibatalkan, Marquez : Hanya Jack Miller yang Ingin Balap !

BeritaBalap.com-Setelah melalui proses inspeksi atau pengecekan sirkuit yang cukup panjang, pada akhirnya MotoGP 2018 Silverstone, Inggris dibatalkan (26 Agustus). Yang menarik, bahwa Marc Marquez (Repsol Honda) menyebut bahwa hanya Jack Miller yang setuju balapan dalam kondisi wet-race. Selebihnya tidak setuju karena alasan safety alias keamanan.

“Jika kami ingin menemukan kondisi yang lebih baik di 2019 ini, karet harus diperbarui lagi. Jack Miller adalah satu-satunya yang ingin balapan hari ini, “tegas Marc Marquez yang pastinya diuntungkan dengan pembatalan ini karena seri balapan berkurang, sedangkan gap atau jarak pundi poinnya tetap. Jadi juara dunia MotoGP 2017 tetap berjarak 59 poin dengan Valentino Rossi (Movistar Yamaha).

“Soal hujan dan pembatalan ini bukan motivasi bagi saya, karena saya bisa bertarung untuk podium di tempat kering. Vinales akan menjadi lawan terkuat saya. Jadi dari sudut pandang klasemen, semuanya baik-baik saja bagi saya. Saat hujan saya biasanya sangat kuat dan saya ingin balapan disini, “tutur Marc Marquez.

koizumi
Genangan air di trek Silverstone yang berbahaya

“Saya kecewa hari ini Tapi kadang-kadang anda harus menggunakan pengalaman dan belajar. Di masa lalu, kami membuat beberapa kesalahan dalam keselamatan di komisi keamanan. Seseorang mengatakan bahwa Dorna tidak pernah membatalkan seri untuk 400 balapan. Tapi kadang-kadang keadaannya tidak mengizinkan. Dan satu komentar yang saya suka : Kami hanya kehilangan satu seri balapan. Hidup terus berjalan. Dalam dua minggu kita akan memiliki kejuaraan berikutnya, “tutur Marquez.

Lebih lanjut, Marc Marquez ikut berkomentar dengan bahayanya genangan air yang harus dilalui pacuan MotoGP dengan tenaga 300 HP (Horse Power).  Maksudnya konteks aquaplaning dimana kudabesi harus melalui genangan air hingga membuat laju motor sulit dikontrol karena tapak ban tidak mengambang di atas air.

“Anda harus membayangkan ini seolah-olah bepergian dengan mobil di jalan tol dan mendapatkan aquaplaning. Apa yang Anda lakukan di dalam kendaraan ? Anda tidak dapat mengendalikan apapun. Motor balap tidak berbeda. Anda tiba di ujung trek lurus, Anda memiliki rem karbon namun karena banyak air tidak ada efek pengereman. Di beberapa tempat memang tidak air yang berlebihan. Tapi dengan posisi trek yang tidak rata dan ada beberapa tikungan dimana ada genangan air yang dalam, anda tiba disana, maka rem tidak maksimal, kecelakaan terjadi sangat mudah. BB1

 

Facebook Comments

You May Also Like