MotoGP Malaysia Batal Jika Tanpa Penonton ? Ini Penjelasannya…

BeritaBalap.com-Pagelaran balap MotoGP diluar Benua Eropa dipastikan terancam batal atau tidak digelar. Apa sebab ? Karena aturan tidak diperbolehkannya penonton menjadi problem serius promotor lokal sehubungan pendapatan utama. Ini sumber utama yang diklaim bisa lebih dari 80 persen.

Pada sisi lain, mereka harus menyetor sejumlah uang yang tidak sedikit kepada Dorna Sports sebagai pemegang hak eksklusif penyelenggaraan. Itu berkisar antara 4 hingga 6 juta euro atau Rp. 65-100 milyar untuk satu kali perhelatan.

BACA (JUGA) : MotoGP Jerez Sudah Oke Walikota Jerez Ataupun Andalusia, Tapi Belum Oke Pemerintah Spanyol

koizumi

Dorna pun akan semakin berat jika tidak dibayar karena mereka butuh biaya besar untuk logistik pengangkutan motor dan perlengkapannya, belum lagi biaya transportasi kru Dorna yang sangat banyak. Dorna tidak mau jika kompetisi di luar Eropa berjalan tanpa penonton.

“Kami sangat bergantung pada pendapatan dari penjualan tiket, F & B [makanan & minuman], perdagangan, distribusi dan sebagainya. Jika pintu tetap tertutup, maka neraca pembayaran aktif dibatalkan. Kami tahu adanya kemungkinan suatu peristiwa di balik pintu tertutup, tetapi kami menunggu Dorna untuk terlibat dengan kami dalam hal ini, “terang Razlan Razali selaku mantan CEO Sepang International Circuit (SIC) yang belum lama ini mengundurkan diri karena ingin fokus pada tim MotoGP, Moto2 dan Moto3 nya.

BACA (JUGA) : Jika MotoGP Jerez 19 Juli, Bos KTM Tuntut Sesuatu Dari Dorna, Apa Itu ?

“Saya telah menjadi CEO di Sirkuit selama hampir 12 tahun. Tahun lalu, saya memainkan kedua peran, CEO dan kepala tim. Ini menjadi sedikit terlalu sibuk. Saya tidak dapat sepenuhnya berkonsentrasi pada satu atau yang lain. Menjadi kepala tim adalah tantangan baru, “tambah Razlan Razali.

Adapun pelaksanaan MotoGP Malaysia sendiri akan dihelat pada Bulan November nanti. Jadi masih ada waktu untuk dipertimbangkan ataupun bernegosiasi. Dorna memang beberapa kali menyebut bahwa mereka akan fokus pada penyelenggaraan di Benua Eropa dahulu, utamanya tanggal 19 Juli ini di Jerez, Spanyol. Selebihnya akan dipikirkan pada Bulan September nanti. BB1

VIDEO Soal Berapa MILYAR Biaya Pemasangan LOGO SPONSOR Pada Motor MotoGP :

 

 

Facebook Comments

You May Also Like