OnePrix Sentul : Jika Swab Antigen Positif, Berpacu Dalam PCR Jika Ingin Balapan

BeritaBalap.com-Serem ! Boleh disebut ngeri…ngeri.. tidak sedap. Itu yang terjadi pasca pemeriksaan Covid-19, Jumat (18 Juni). Demikian dalam rangkaian balap seri perdana Kejurnas OnePrix 2021 di Sirkuit Sentul, Bogor yang akan dipentaskan akhir pekan ini (19-20 Juni).

Intinya, pihak penyelenggara menetapkan protokol kesehatan yang ketat demi kebaikan bersama. Ada pengujian dengan metode SWAB Antigen. Patut diapresiasi.

Secara logika sederhana dan itu manusiawi, bahwa ada yang ‘tertangkap’ positif. Dalam hal ini, penulis tidak mau menyebutkan nama identitas pembalap ataupun mekanik ataupun kru tim. Ini wilayah privacy dan juga belum valid karena ada tahapan pemeriksaan lanjutan secara medis.

koizumi

Intinya, ada saja yang kemudian disebut positif secara SWAB Antigen. Pertanyaan kritisnya, bagaimana langkah lanjutan yang harus dilakukan jika seorang rider positif dengan metode SWAB Antigen ? Bagaimana peluang atau potensi mereka untuk dapat ikut balapan ?

Jawabannya, tetap terbuka dengan solusi melakukan pengujian lewat metode PCR (Polymerase Chain Reaction) yang memang tingkat akurasinya lebih tinggi untuk mengetahui bersemayam tidaknya Virus Covid-19. Kan PCR lebih detail memahami pola genetik dari Covid-19.

Menjadi tegang dan menagangkan, karena test PCR itu butuh waktu yang relatif lama untuk memperoleh hasilnya, padahal Sabtu ini (19 Juni), mereka harus kualifikasi dan menjalani race awal (1).

Alhasil, ada tim yang langsung meluncur cepat ke Jakarta untuk mencari tempat PCR yang relatif cepat memberikan hasilnya ataupun ada yang rela ke luar DKI Jakarta untuk juga mendapatkan hasil yang cepat. Ini bagian dari usaha maksimal mereka.

Pada akhirnya, semua tergantung output atau hasil PCR. Jika masih setia positif, maka dijamin tidak diperbolehkan menjalani race dan silahkan melakukan isolasi mandiri alias karantina. Apabila kemudian negatif, monggo dapat dilanjutkan melakoni balapan.

Oke, semoga semua baik-baik saja ya. Yang sudah negatif dalam SWAB Antigen, tetap jaga dan disiplin ketat dengan prokes. Ini mutlak hukumnya. Salam sehat. BB1 (Ket FOTO : Istimewa)

Facebook Comments

You May Also Like