Orang Terpenting Dalam Karir Toprak Razgatlioglu Ini Justru Tidak Ingin ke MotoGP

BeritaBalap.com-Ternyata orang penting dalam karir pembalap superbike (WorldSBK) Toprak Razgatlioglu, adalah Kenan Sofuoglu tidak menginginkan Toprak pindah ke balap MotoGP tahun depan (2023). Itu dianggap tidak tepat dan merugikan perjalanan karir dan prestasinya selama ini.

BACA (JUGA) : Siapa Pembalap Tertua Dan Termuda MotoGP 2023 ? Paling Banyak Umur 25 Tahun

Toprak sendiri belum lama ini melakukan test Yamaha M1 (MotoGP) di Jerez Spanyol selama 2 hari (10-11 April). Infonya, bos tim Yamaha Lin Jarvis datang langsung menyaksikan dan melihat potensi petarung asal Turki usia 27 tahun tersebut.

koizumi

“Tentu Yamaha tertarik dengan Toprak untuk MotoGP. Toprak juga tertarik dengan MotoGP. Dia sekarang telah lulus tes ini, tetapi kami tidak dapat mengatakan bahwa dia merasa mudah untuk beradaptasi dengan motornya. Dia kesulitan memahami. Motor MotoGP jauh lebih kaku dan posisi duduknya juga sangat berbeda. Itu sebabnya setiap pembalap Superbike membutuhkan waktu untuk membiasakan diri dengan MotoGP”.

BACA (JUGA) : Alex Rins Sering Teriak Tidak Dapat Dukungan Memuaskan Honda Tapi Buktikan Juara

“Toprak tidak terlalu senang setelah tes. Tapi kami ingin menetapkan persyaratan dari seri ini dan Yamaha ingin melihat bagaimana performa Toprak di M1. Kami perlu memikirkan apa yang harus dilakukan tahun depan. Kontrak Toprak dengan Yamaha akan habis pada akhir tahun, jadi dia bebas untuk tahun 2024. Tujuan utamanya adalah tetap bersama Yamaha. Dan kemudian ada dua pilihan : Superbike atau MotoGP, ”terang Kenan Sofuoglu yang pernah meraih juara dunia Supersport (WorldSSP) selama 5 kali (2007, 2010, 2012, 2015 dan 2016).

Pada intinya, konsep masuk ke MotoGP itu idealnya dari level Rookies Cup, lanjut JuniorGP ataupun Moto3 dan lanjut Moto2. itu kata Kenan Sofuoglu. Pada bagian lain, juga diprediksi bahwa Toprak masih bisa berprestasi spesial di superbike dalam 10 tahun kedepan. Lain hal di MotoGP yang bisa saja karirnya hanya 1-2 tahun.

BACA (JUGA) : Marquez Dan Bastianini Siap Tarung, Ini Jadual MotoGP Jerez Minggu Ini (Dalam WIB)

“Saya selalu memberi tahu Toprak : Tetap di Superbike. Karena saya menjaga dan membangunnya selama bertahun-tahun untuk Superbike, bukan untuk MotoGP. Toprak sangat bertalenta, mungkin lebih bertalenta dari kebanyakan pembalap MotoGP”.

“Tetapi jika dia ingin menunggangi MotoGP, maka dia harus tumbuh di paddock GP, dari Red Bull Rookies Cup hingga Kejuaraan Dunia Moto3 dan Moto2. Tapi Toprak besar di superbike, disitulah rumahnya. Saat dia masuk ke MotoGP sebagai juara dunia Superbike, itu bisa sangat sulit”.

BACA (JUGA) : Full Senyum Saja ! Ini Jawaban Morbidelli Soal Posisinya 2024 Diancam Toprak

“Jika dia tidak mencapai tujuan, maka dia bisa benar-benar jatuh. Kemudian menderita secara mental, dia tidak lagi cepat dan tidak lagi sukses. Itulah mengapa saya mengatakan Toprak : Kita membentuk dia untuk superbike, disini dia bisa berada di puncak dunia selama 10 tahun lagi dan memiliki karier yang hebat, “tambah Kenan Sofuoglu yang juga memproyeksikan pembalap-pembalap berbakat asal Turki lainnya seperti Can Onco dan Deniz Oncu. BB1 

Facebook Comments

You May Also Like