Pemalang Soda Racing 2020 : Medan Tempur Offroader Papan Atas Tanah Air


BeritaBalap.com- Sirkuit Pantai Widuri Pemalang, Jateng 17-19 Januari nanti, bakal menjadi medan tempur pertarungan Offroader-offroader papan atas Tanah Air pada perhelatan megah bertajuk Pemalang Soda Racing 2020. Ya, kejuaraan offroad dengan format racing soda itu sekaligus menjadi seri pembuka kejuaraan daerah (Kejurda) Racing Adventure Offroad Propinsi Jawa Tengah di tahun 2020.

Tiga kelas utama yang akan diperlombakan di Pemalang Soda Racing adalah kelas 1000cc, under 2500cc serta upper 2501cc, sedangkan perhitungan untuk Kejurda akan terbagi menjadi 5 klas sesuai spesifikasi kendaraan.

“IOF Jawa Tengah rencananya akan menggelar 3-4 seri sepanjang tahun 2020 ini. Untuk putaran perdana di Pemalang dan selanjutnya masih dalam pembahasan. Pemenang pada tiap seri Kejurda Jateng nanti akan jadi wakil Jawa Tengah untuk mengikuti Kejuaraan Nasional IOF,” jelas Arya Kusuma, Ketua Pengurus Daerah (Pengda) Indonesian Offroad Federation (IOF) Jawa Tengah.


Bupati Pemalang, Junaedi, menyambut positif digelarnya even Kejurda Racing Adventure di Kota Ikhlas. “Kita punya wilayah yang luas dan medan offroad yang cukup bersyarat. Jangankan kejuaraan daerah, kejurnas pun kita Pemalang sangat siap,” tegas Bupati. Junaedi menyebut, wilayahnya yang terdiri dari daratan dan pegunungan memiliki banyak lokasi potensial untuk penyelenggaraan offroad tersebut.

Sementara, Pemalang Soda Racing 2020 sejatinya akan digelar di Sirkuit Bukit Benowo Park, Desa Penggarit, Pemalang, pada tanggal dan hari yang sama. Namun, sirkuit yang sudah dipersiapkan, tergenang oleh air akibat cuaca ekstrim yang menerjang Pemalang beberapa hari terakhir.

“Betul sekali, tingginya debit air yang menggenangi hampir seluruh lintasan mengakibatkan panitia kesulitan menyelesaikan track dan jika dipaksakan nantinya akan menyulitkan pebalap. Dengan pertimbangan itu dan setelah survey bareng panitia penyelenggara, RC, IOF Pengcab serta tim technical delegate IOF Pengda Jateng, kami akhirnya memindahkan lokasi ke Sirkuit Pantai Widuri,” beber Ahmad Fatah, ketua panitia Pemalang Soda Racing.

Hal ini diamini Kundimiarso, ketua IOF Pengcab Pemalang, yang menyebut Sirkuit Offroad Pantai Widuri tak kalah representatif di banding Bukit Benowo Park. “Kondisi lintasan disana (Pantai Widuri) jauh lebih aman jika sampai terjadi hujan yang cukup lebat sekalipun, karena kontur tanahnya lebih keras. Artinya tanah tidak akan menjadi labil dan tetap bisa gaspol meski tergenang,” sebut Kundi. “Lagian Pantai Widuri kan juga salah satu ikon kota Pemalang juga, jadi masih dalam kerangka tujuan yang sama, promosi wisata. Selamat datang di Kota Pemalang dan selamat berlomba, tetap junjung tinggi sportifitas,” tutup Kundi. Tim

Facebook Comments

You May Also Like