Profil Franco Morbidelli Yang Resmi Gantikan Vinales di Tim Yamaha (2022)

BeritaBalap.com-Franco Morbidelli sudah resmi menjadi pembalap pengganti Maverick Vinales di tim Monster Energy Yamaha untum musim depan (2022). Sudah ada kesepakatan antara pihak Yamaha Jepang dan manajemen tim Petronas Yamaha SRT (Sepang Racing Team).

Sudah bertemu dan sepakat diantara bos tim Petronas, yaitu Razlan Razali, kemudian Wilco Zelenberg (manajer tim) dan Johan Stigefelt (Direktur Tim) dengan manajer proyek MotoGP Yamaha Takahiro Sumi dan Direktur Pelakasana Yamaha Motor Racing Lin Jarvis serta Direktur tim Massimo “Maio” Meregalli.

BACA (JUGA) : Fix Sepakat Antara Petronas Dan Yamaha ! Morbidelli Gantikan Vinales (2022)

koizumi

Lebih lanjut, adalah menarik untuk mengetahui bagaimana perjalanan karir dari Franco Morbidelli yang juga bagian dari VR46 Riders Academy. Morbidelli adalah murid dari Valentino Rossi. Ternyata, Morbidelli tidak melalui jenjang balap Moto3.

Beda dari kebanyakan. Doi adalah jawara balap Superstock 600 Eropa (2013). Baru kemudian musim 2014 bermain full series Moto2 bersama tim Italtrans Racing Team dan meraih juara dunia Moto2 di tahun 2017 dengan tim EG 0,0 Marc VDS.

Morbidelli (kanan) saat meraih juara dunia Moto2 tahun 2017

Tahun 2018, Morbidelli masuk kawah MotoGP. Namun tidak optimal bersama tim Marc VDS dengan pacuan Honda RC213V. Ada di posisi ke-15 dalam klasemen sementara dengan pundi 50 poin.

Nah, sejak 2019 pindah tim satelit Petronas Yamaha SRT dan sukses masuk 10 besar (2019) serta runner-up musim 2020 lalu. Morbidelli yang saat ini berusia 26 tahun menunjukkan potensinya dimana menjadi yang terbaik diantara 3 pembalap Yamaha lainnya (Vinales, Quartararo dan Rossi) walaupun dengan pacuan M1 versi 2019. Tahun lalu, Morbidelli mempersembahkan 3 kali podium juara MotoGP.

BACA (JUGA) : Terungkap Sebab Kemarahan Vinales Terhadap Yamaha, Ternyata…

Dalam berbagai kesempatan, Morbidelli memang menuntut keinginannya agar dapat bersaing dengan M1 versi terbaru. Bahkan sempat akan mengancam pindah tim. Finally, harapannya terwujud dan secara logika memang ia yang layak mengisi formasi tim pabrikan Yamaha. BB1

Facebook Comments

You May Also Like