Pulley Drive Face UMA Racing Cara Praktis Mendongkrak Performa Dan Akselerasi CVT Matik

BeritaBalap.com- Perkembangan dunia otomotif semakin kedepan semakin canggih. Terutama untuk produk baru di dunia roda dua yang dulunya untuk menggerakan roda belakang masih menggunakan sistem konvensional atau boleh dibilang manual dengan menggunakan rantai dan gir namun kekarang pengendara roda dua varaian baru lebih dimanjakan dengan transmisi otomatis atau bahasa umumnya matik.

Pada sepeda motor bertransmisi matik, untuk menggerakkan roda belakangnya sekarang menggunakan apa yang disebut dengan Continuously Variable Transimission atau CVT. Yang didalamnya memiliki beberapa komponen sebagai sistem motor atau penggerak roda belakang, salah satunya adalah ‘roller’

Roller ini boleh dikatakan mempunyai peran penting di dalam CVT. Roller merupakan komponen yang berada di dalam pulley yang memiliki ukuran berbeda pada tiap merek kendaraan matik. Pada umumnya roller memiliki ukuran 8 gram sampai dengan ukuran 18 gram.

koizumi

Sedangkan untuk mekanisme kerja dari roller adalah menekan pulley primer berdasarkan gaya sentrifugal. Semakin cepat putaran mesin, maka roller akan semakin menekan pulley primer sehingga membuat v-belt yang terhimpit di pulley primer bisa meneruskan putaran mesin ke pulley sekunder. Dari sinilah roda belakang bisa berputar sesuai fungsinya. Lancar atau tidaknya pulley depan mengembang, tergantung dari beban berat rollernya.

Nah, setelah paham fungsi roller yang berperan penting di dalam komponen CVT, karena masa pemakaian pastinya roller tadi juga akan mengalami kerusakan. Selain faktor masa pemakaian, terkadang pengguna motor matic yang ingin menambah top speed atau istilah mengejar ‘akselerasi bawah’. Bisa juga mengganti roller standarnya yang gramnya ringan dengan roller yang memiliki gram lebih berat.

Buat penggantinya, sekarang banyak brand aftermarket yang menjual roller. Salah satunya adalah Uma Racing asal Malaysia juga mengeluarkan produk roller dengan berbagai berat gram. Bahkan banyak pengguna sepeda motor di Indonesia sudah pada tahu dengan produk yang selalu mensponsori event-event balap Nasional ini.

Roller keluaran Uma Racing mengklaim merupakan produk yang memiliki banyak kelebihan. Apa saja kelebihan dari roller Uma Racing? Diantaranya bahan materialnya jelas berkualitas. Sedang untuk proses pembuatanya menggunakan mesin CNC yang mana bisa menghasilkan ukuran yang presisi dan sesuai.

Untuk masalah fungsionalnya, roller yang menurut istilah bahasa tekniknya Uma Racing adalah pulley Drive ini. Bisa mendongkrak performa akselerasi tarikan bawah, hingga bisa mencapai top speed dari kecepatan biasa motor standartnya. Maka dari itu bagi kalian yang ingin motor matiknya ingin menambah top speed. Silahkan cari produk roller Uma Racing yang sudah tersedia di toko sparepart motor, speed shop, juga bengkel motor di kota anda. Tim

Facebook Comments

You May Also Like