Rahasia MX King Tim Aditama Juara Umum di Final YSR 2023 Mandalika, Racikan by GDT Racing

Beritabalap.com- Pada ajang Final YSR 2023, kehadiran Mx King GDT racikan Gendut membawa tim Aditama Racing meraih prestasi luar biasa dengan gelar juara umum. Lebih dari sekadar mengandalkan teknologi CNC, tim mekanik di GDT Racing memadukan keahlian meracik jalur bensin dan udara alias porting dengan pisau korek.

BACA JUGA : Hasil Lengkap Race 2 Final Yamaha Sunday Race 2023 Mandalika

Perubahan pada porting mesin Mx King GDT tidak hanya mengubah karakter mesin tetapi juga meningkatkan performa secara signifikan. Puncak daya (peak power) kini mencapai angka 13,5, meningkat 1 angka dari sebelumnya di 12.000 RPM dengan torsi mesin yang tetap aman.

koizumi

BACA JUGA : GHP Raih Juara Umum R25 Pro YSR 2023 Mandalika, Tim Yamaha BAF Akai Jaya MBKW2

Kepala mekanik GDT Racing, Gendut (Widya Krida Laksana), menjelaskan bahwa hasil ini memberikan keunggulan yang signifikan, terutama pada bagian atas kurva daya.

BACA JUGA : M Robby Kasih Kado Spesial Juara Umum R15 Pro YSR 2023 Mandalika Buat Anak Kedua Haji Putra Yang Belum Lama Lahir

“Ukuran porting kami tingkatkan, dari 31,5mm menjadi 32mm. Nah, itu juga tetap didukung dengan perubahan pada velocity, yang menjadi lebih lebar mas, betul,” ujar Gendut ketika ditemui usai balapan.¬†Tentunya ini juga turut mengubah bench flow, memberikan daya dorong yang lebih besar untuk campuran angin dan bensin.

Bila ditelaah, racikan GDT cukup beda dengan saingannya seperti Bima Aditya yang cenderung fokus di daerah putaran bawah. Mesin GDT mempertahankan kekuatan maksimum pada putaran tinggi, menghadirkan performa mantap di Mandalika, terutama di trek lurus sebelum tikungan akhir.

BACA JUGA : Ini Bukti Nyata Doni Racing School (DRS35) Paling Eksis Di Final Yamaha Sunday Race 2023 Mandalika

Untuk meningkatkan peak power yang lebih tinggi, tim mekanik harus mengakali racikan noken as. Dengan LSAnya yang sempit, hanya berada di angka 103 derajat, dan durasi noken sebesar in31-ex60, totalnya mencapai 271 derajat. Semua penyesuaian ini didasarkan pada umpan balik dari pembalap dan pengukuran yang teliti.

BACA JUGA : Rahasia Mesin Jawara Kelas Aerox 155 Di Final Yamaha Sunday Race 2023 Mandalika, Disebut Paket Kirian Bore-Up 1

“Semua kita ukur mas, bergantung pada umpan balik dari pembalap juga. Karena ada kekurangan torsi, maka rasio kompresi juga kami ubah ke angka 14:0,” pungkas Gendut.

BACA JUGA : Akamsi Lombok Arai Agaska Juara Umum R15 Junior Pro YSR 2023, Ternyata Jarang Latihan Di Mandalika ! Ini Alasannya

Selain transformasi mesin, GDT Racing juga memperhatikan handling motor dengan menggunakan tipe sok terbaru dari ADD Suspension. Kombinasi antara performa mesin yang canggih dan peningkatan handling membantu Aditama Racing mencuri momen dengan sempurna di putaran terakhir Final YSR 2023. Siborong-borong

Facebook Comments

You May Also Like