Rahasia Tune-up MX King 150 ‘Dadan Alamsyah’, Jawara MP1 Road Race Cimahi

BeritaBalap.com-Gelaran balap bertitel Trijaya Sumber Production 2018 yang berlangsung ditengah markas militer Brigif 15 Kujang II Cimahi Jawa Barat, Sabtu lalu (10/2) menjadi bukti kesiapan pasukan MPRT turun Kejurnas Motorprix  2018. Pasalnya di kelas MP1 (150 cc), Dadan Alamsyah yang memacu Yamaha MX-King 150 terlihat sangat mendominasi dengan meninggalkan jauh rival-rivalnya

Yup… keperkasaan Dadan Alamsyah di kelas MP1 terlihat sejak awal lap hingga bendera finish di kibarkan. Maksudnya motornya yang perkasa ya. Jangan salah pikir ! Kalau orangnya, tanya sendiri ya. He he he he Selain bekal pengalaman yang dimiliki, rider yang akrab disapa Buntil ini, pastinya memiliki rahasia korekan di balik tunggangannya tersebut.

Dadan Alamsyah, andalan tim MPRT untuk turun di Motorprix 2018 Jawa

“Secara keseluruhan tunggangan sudah oke. Sekalian sebagai ajang pemanasan jelang kejurnas Motorprix bulan depan,” bilang pembalap bernomor start 155 ini. Nah dari pada penasaran, mendingan kita langsung bongkar rahasia Yamaha MX-King 150 tunggangan Dadan Alamsyah ini ya.

Untuk menghasilkan tenaga yang maksimal, langkah awal Iman Titan selaku mekanik andalan tim adalah menjejalkan head alias kepala silinder milik SND Racing yang dikalim mampu menampung ukuran klep lebih besar dari ukuran standarnya. Ini perangkat yang desain portingnya sudah melalui riset mendalam. SND CNC Porting sudah menjadi pilihan banyak mekanik nasional. Tinggal sedikit finishing jika ingin diupgrade sesuai ide tuner.

“Betul sekali, makanya saya kombinasikan klep ukuran 24/21 milik UMA Racing,” terang Iman Titan yang juga turut menjejalkan piston milik SND ukuran 57 mm ini. Spesialnya, bahan kubah kepala silinder adalah Albronze. Sangat kuat sekaligus sangat baik dalam melepas panas.

Selanjutnya, langkah mengatur jarak mendem piston ke bibir blok saat TMA, dari sini di dapat ukuran 0,5 mm dengan kondisi blok bawah terpasang. Dengan begini, maka rasio kompresinya terhitung 12,4:1. Pastinya, langkah kompresi aman terkendali. Tenaga tida pernah drop walau dipaksa kerja keras puluhan lap. Pokokke, kuat dan tahan lama. Husss…. !

Untuk durasi noken as di mainkan di angka 265 derajat. Buka tutupnya disesuaikan dengan karakter lintasan. Pastinya fokus di putaran menengah hingga atas. Nafasnya tidak ada habisnya. “Untuk AFR nya bermain di kisaran 12-12,2. Itu campuran yang efektif untu suhu panas. Sedangkan RPM jalannya berada di angka 10.500 – 13.500, kalau limiter RPM nya di angka 13.800, ”tutup Iman Titan. Edhot

Data Modifikasi :
Ban depan : IRC Fasti2
Ban beakang : IRC Fasti2
Knalpot : ROB1
Ecu : Aracer
TB : SYS 33mm

Facebook Comments

You May Also Like