Ribut Aturan Baru MotoGP Tekanan Ban Depan 1,9 Bar Yang Dianggap Mengancam Jiwa ?

BeritaBalap.com-Peraturan baru MotoGP yang akan diberlakukan Dorna Sports, yang kemudian menjadi kontroversial adalah penetapan angka tekanan ban depan yang diplot minimal 1,9 bar (jika dikonversi ke satuan psi, maka 1 bar itu sama dengan 14,5o3 psi, red). Oh ya, kalau untuk ban belakang cenderung tidak diperdebatkan. Kinerja ban depan yang memang lebih penting, ini yang kemudian memancing banyak protes.

BACA (JUGA) : Balapan Sprint Race MotoGP (Sabtu) Lebih Ketat Ketimbang Yang Utama Minggu ?

Jadi regulasi ini akan diberlakukan dengan alat sensor yang sama. Bukan bebas-lepas seperti selama ini. Untuk percobannya akan dilakukan adalam 3 seri awal (mulai Portimao Portugal). Belum ada sangsi untuk 3 putaran percobaan tersebut, namun kemudian untuk seri ke-4 akan ada hukuman bagi yang melanggar.

koizumi

Adapun yang menjadi perdebatan sengit adalah angka 1,9 bar tersebut yang dianggap terlalu tinggi. Rata-rata tim menggunakan tekanan 1,7-1,8 bar sebagai langkah antisipasi kenaikan tekanan ban. Utamanya saat sedang bertarung dengan beberapa pembalap. Ini yang pastinya sangat berbahaya dan mengancam jiwa atau nyawa pembalap.

BACA (JUGA) : Jorge Martin Ungkap Spesialnya Ducati Terbaru GP23 Dibanding GP22, Ternyata Bukan Top Speed Tetapi..

“Saat kamu balapan, jadi ketika semua orang bersama, maka tidak mungkin memprediksi tekanan (ban, red) yang tepat untuk memulai. Kami banyak bekerja pada tekanan ban. Kami belum tahu persis kata-kata dari aturan tersebut, belum jelas. Tapi kami para pembalap banyak membicarakannya tahun lalu di Komisi Keselamatan dan semua orang menentang peraturan ini, “tegas Luca Marini, rider tim Mooney VR46 Racing Team.

“ Tidak masuk akal, jika ban depan memiliki standar tertentu, karena hanya ada sedikit ruang untuk meningkatkan tekanan udara. Ini berarti risiko kecelakaan yang serius, terutama saat balapan, itu saat ban menjadi panas saat berkendara motor secara berkelompok, ”timpal Alex Marquez dari tim Gresini Racing.

BACA (JUGA) : Marc Marquez Sulit Bersaing ? Bos Tim Repsol Honda Akui Tidak Ada Hal Spesial Pada RC213V

Tentu saja, akan ada langkah evaluasi bersama kedepannya. Para pembalap atau tim punya hak untuk mengajukan usulan yang lebih baik kepada komisi keselamatan MotoGP. Dorna sempat memunculkan wacana 1,88 bar. Kita tunggu saja ya perkembangannya lebih lanjut. BB1

Facebook Comments

You May Also Like