Selain Ducati, Aprilia Juga Fokus Fairing Baru Agar Cornering Speed Kaya Yamaha M1

BeritaBalap.com-Ternyata selain Ducati, maka Aprilia juga fokus meriset fairing baru RS-GP. Maverick Vinales yang menjajalnya secara intens. Itu terlihat pada foto utama atau paling atas yang ditampilkan dalam rangkaian pengujian di Catalunya Spanyol.

BACA (JUGA) : Apakah Ducati Berani Homologasi Fairing Baru GP22 Yang Konsep Kerjanya Mengacu M1 ?

Terlihat pada bagian samping dimana ada tambahan desain aerodinamika yang boleh disebut seperti perut. Bentuknya lebih lebar dari sebelumnya yang diklaim dapat membuat gaya tekan hingga beban motor lebih berat saat melibas tikungan.

koizumi
Tampilan fairing Aprilia RS-GP tampak dari depan, terlihat semacam perut di sisi kanan gambar ini

Misinya pun sama seperti Ducati. Yaitu lebih optimal saat cornering speed. Traksi ban lebih optimal ke aspal hingga mampu berlari lebih kencang. Ini yang terjadi pada Yamaha M1 yang memang kalah dalam konteks top speed tetapi jos dalam cornering speed.

BACA (JUGA) : Wow, Bagnaia Pecco Akui Top Speed Bukan Segalanya, M1 Jadi Contoh Spesial

Ingat, bahwa dalam 2 seri MotoGP Mugello dan Catalunya, M1 nya Fabio Quartararo sukses mendulang 45 poin. Padahal karakter 2 trek tersebut masing-masing memiliki trek lurus 1,1 dan 1 km. Motor bisa melaju hingga top speed 350-360 Km/Jam.

Nah ini bisa buat perbandingan dimana fairing samping saat ini tidak ada perut samping yang lebih menonjol

Maka dari itu Ducati juga memfokuskan dirinya pada hal yang sama. Bahkan disebut Francesco Bagnaia ‘Pecco’ (Ducati Lenovo), bahwa top speed itu bukan segalanya.

Tinggal kita menunggu saja aya, apakah kemudian Aprilia ataupun Ducati akan menghomologasi fairing baru ini untuk dipakai. Sesuai peraturan, maka batas waktunya adalah sebelum seri Silverstone Inggris tanggal 7 Agustus nanti. Bb1

Hasil MotoGP Catalunya :

Klasemen Sementara MotoGP : 

Facebook Comments

You May Also Like