IRS 2017 Sentul : R15 Rafid Topan Tinggalkan CBR150R Lebih 300 Meter, Ini Rahasia Mesinnya !

BeritaBalap.com-Perfoma pacuan Yamaha YZF-R15 Rafid Topan begitu spesial di race 2 Kejurnas Sport 150 cc saat IRS 2017 Sentul (10 Desember). Apa sebab ? Karena meninggalkan lawan relatif jauh. Petarung tim Yamaha IRC KYT Cream-pie Syafina ini meninggalkan rombongan kedua sesama tim Yamaha sekitar 300 meteran. Belum lagi rombongan kedua. Yang pasti terbukti nyata dan aktual asapi Honda CBR 150R lebih jauh lagi. Lebih dari 8 detik ! (lihat hasil lomba di bawah berita ini). 

Rafid Topan (tengah) podium juara race 2 Kejurnas Sport 150 cc

Bahkan di lap akhir, Topan yang pede dengan perbandingan final-gear 15-43 mengendurkan throttle gasnya karena memang meninggalkan jauh.  Lebih lanjut, apa rahasia mesin terbaru dengan upgrade perbandingan kompesi 13,6 : 1 yang notabene diriset mekanik Gendut GDT Racing bersama Anton GDT Racing ?

“Saat didyno sudah tembus 32,8 HP (Horse Power). Itu dynonya Cream-pie yang diset-up Mototech Yogya, “ujar Anton GDT Racing yang mematok buka-tutup klep masuk dan buang saat TMA dan TMB pada kombinasi angka 57/30 derajat untuk bagian in dan 59/29 derajat untuk area ex. Oh ya, kombinasi katupnya 23/20 mmm dengan lift alias angkatan klep setinggi 8,7 mm.


Knalpot Cream-pie dengan konstruksi terbaru yang bawa Rafid Topan tinggalkan jauh lawannya

Diinvestigasi lebih lanjut, ternyata R15 Topan mengaplikasi knalpot Cream-pie Jogjakata terbaru model kiri. Maksudnya silincer ada di sebelah kiri. Bukan kanan seperti pada umumnya. Secara logika, perubahan desain knalpot Cream-pie dilakukan karena memang ada ubahan pada jeroan mesin. Semua disesuaikan dengan kebutuhan mesin. Itupula yang menjadi garansi pembelian knalpot Cream-pie Jogjakarta yang dikomandoi Tris Wahyudi, akrab disapa Nto-Nto selaku pemilik.

Bentukan pipa depan (P1) dibuat lebih landai

“Perbedaan konstruksi knalpot pada area P1 yang lebih landai, Juga jeroan silincer. Yang pasti naik 1 HP, “tutur Anton GDT Racing yang mengaplikasi sistem pengapian dengan perangkat rotor yang didukung bobot magnet 700 gram. “Bahannya full-stainless. Kita terus melakukan riset dengan parameter grafik pada dyno, “tukas Taufan Cream-pie yang memegang kendali pemasaran knalpot Cream-pie Jogjakarta.

Nah, bagi yang tertarik untuk menebus knalpot Cream-pie desain terbaru untuk R15 ataupun berbagai jenis motor lainnya, silahkan sambangi markas Cream-Pie Jogjakarta, di Jl. Sampakan (Utara Kids Fun), Berbah, Sleman Jogjakarta atau kontak HP : 0813 2827 8112BB1

 

Facebook Comments

You May Also Like