Setelah MotoGP Jepang, Australia dan Thailand Batal, Apakah Dorna Mau di Sepang Saja ? Opsi Indonesia ?

BeritaBalap.com-Setelah pembatalan MotoGP 2021 Motegi Jepang, lanjut Phillip Island Australia dan kemungkinan besar (belum rilis resmi) adalah seri Buriram Thailand.

Menteri Pariwisata dan Olahraga Thailand, Phiphat Ratchakitprakarn menegaskan sulitnya berlangsung MotoGP di negaranya karena kondisi pendemi Covid-19, juga tidak adanya penonton menjadi problem serius karena berhubungan dengan pemasukan.

BACA (JUGA) : MotoGP 2021 Buriram Thailand Batal ?


Sekilas informasi saja musim 2019 lalu hadir sekitar 226 ribu penonton di Buriran dimana sekitar 60 ribu berasal dari luar Thailand. Menjadi pertanyaan kritis, apakah kemudian Dorna Sports selaku pemegang hak eksklusif penyelengaraan MotoGP mau menggelar satu putaran saja di Malaysia ?  Kan selama ini borongan per-minggu untuk jatah Benua Asia dan Australia.

Bos Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta pernah menegaskan musim 2020 lalu saat awal pendemi Covid-19 bahwa tidak mungkin mereka hanya menghajat 1 putaran saja dari jatah Asia dan Australia karena ini berhubungan dengan biaya logistik. Menyangkut transportasi pesawat pengangkutan sehubungan MotoGP, Moto2 dan Moto3 sekaligus kru Dorna.

BACA (JUGA) : Prokes Berubah Di WorldSBK Assen Minggu Ini, Cukup Bawa Surat Vaksin, Tidak Perlu Surat Swab

Pada sisi lain, seri Sepang Malaysia juga belum bisa dipastikan karena saat berita ini ditulis, terbukti kasus Covid-19 di Malaysia masih sangat tinggi. Aturan ketat karantina diberlakukan untuk yang masuk ke Malaysia.

Lebih lanjut, muncul opsi Indonesia yang sebetulnya masih dalam status cadangan. Maksudnya, untuk Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB. Inipun belum jelas. Belum ada informasi resmi kepastiannya.

BACA (JUGA) : Ini Dia Pacarnya Enea Bastianini Kandidat Kuat Rookie MotoGP 2020

Bahkan untuk penyelenggaraan balap superbike (WorldSBK) yang sudah masuk agenda, itupun belum jelas karena sirkuit belum selesai. Akhir Juli atau awal Agustus deadline atau batasnya untuk kemudian dilakukan homologasi oleh pihak komisi safety FIM dan pihak Dorna Sports.

Kabarnya pula, untuk menutupi kekurangan seri di Asia dan Australia, Dorna Sports tidak hanya menambah putaran di Portimao yang sudah fix, juga sedang dibicarakan untuk double-series di Misano ataupun Austin USA yang kondisinya sudah membaik. BB1

Facebook Comments

You May Also Like