Sirkuit Assen Belanda Perpanjang Kontrak MotoGP Hingga 2031, Berapa Duit Biaya Per-Tahunnya ?

BeritaBalap.com-Sirkuit Assen Belanda yang sebetulnya masih memiliki kontrak penyelenggaraan MotoGP hingga tahun 2026, ternyata diperpanjang lagi sampai dengan musim 2031.

Anyway, trek Assen Belanda memang memiliki sejarah sepsial karena sudah sejak 1949 hingga saat ini menggelar balapan MotoGP ataupun disebut era GP500 ataupun sebelumnya lagi. Jadi memang begitu bersejarah. Sudah perayaan yang ke-75 tahun untuk musim ini.

Lebih lanjut, adalah menarik untuk mengetahui berapa duit yang dikeluarkan untuk biaya kontrak penyelenggaraan MotoGP ? Dalam hal ini, disebut biaya commitment fee yang berkisar antara 6 juta euro hingga 14 juta euro per-serinya. Demikian yang dilansir media Totalsportek. Jadi antara 100 milyar hingga 230 milyar untuk per-serinya.

koizumi

BACA (JUGA) : Joan Mir Bersatu Lagi Dengan Brivio Di Tim Trackhouse Aprilia 2025 ?

Semua tergantung kesepakatan dengan Dorna Sports sebagai pemegang hak eksklusif yang notabene  melihat berbagai faktor, misal data penonton selama ini, biaya transportasi pengangkutan logistik, berbagai fasilitas yang diperlukan, soal trek baru atau bukan dan lain-lain.

BACA (JUGA) : Fairing Yamaha M1 Mirip Ducati/KTM Diuji Di Jerez, Hasilnya ? Kapan Dipakai Race ?

Kalau trek anyar, logikanya akan lebih mahal dibanding yang sudah jalan puluhan tahun. Seri Losail Qatar menjadi salah satu balapan termahal dengan biaya kontrak hingga 12 juta euro atau sekira 202 milyar/serinya.

BACA (JUGA) : Ralat Jumlah Penonton MotoGP Jerez Minggu Lalu, Bukan Terbesar 300 Ribu Lebih Tapi Hanya..

Putaran di Spanyol dan Italia diklaim lebih murah dibanding yang hadir di Asia-Australia ataupun USA. Tradisi gelaran di Spanyol dan Italia ataupun benua Eropa lainnya, maka commitment fee pada range 6-8 juta euro atau 100-134 milyar per-seri. Bagaimana dengan MotoGP di Mandalika Indonesia ? Infonya, berkisar pada angka 9 juta euro atau Rp. 151 milyar/tahun. BB1

Facebook Comments

You May Also Like