Supermoto Trail Indonesia (SOLID) Menyatukan Dua Hobi, Makin Solid

BeritaBalap.com- Perlu dipahami, bahwa tepat pada 17 Agustus 2020 terbentuklah komunitas Supermoto Trail Indonesia (SOLID) yang menyatukan dua hobi dalam satu geberan motor. Baik untuk yang bergaya supermoto atau yang masih ingin mempertahankan karakter asli motor trail.

Ya, club motor SOLID memang sengaja ingin menyatukan dua hobi dalam satu pacuan motor trail. Pasalnya, bagi kalangan penghobi supermoto kebanyakan lebih suka touring dari kota ke kota. Sedangkan bagi yang punya motor trail bila ingin masuk ke komunitas, kebanyakan mereka mencari yang sama-sama hobi adventure.

Dari permasalahan itulah berdirilah komunitas SOLID. Seperti apakah cikal bakal berdirinya komunitas SOLID ini, dikisahkan oleh salah satu deklaratornya yang sering disapa Jadoen, doi ingin membagi cerita ihwal berdirinya komunitas SOLID yang sudah mampu mengabungkan para pecinta supermoto dan adventure dalam satu bendera organisasi komunitas motor.

koizumi

“Awalnya kita masih beberapa orang, kalau ngak salah awal ngumpul lima motor saja. Meraka adalah Om Sarif, Om Olid, Om Ceppy, Om Abriel, Om Keling, dan Om Gigih. Waktu kita ngumpul motornya ada yang masih asli pabrikan alias bodi trail, tapi ada juga yang udah dimodif style supermoto.Dari situlah justru akhirnya kita berlima ingin membangun satu komunitas gabungan dari yang suka tunggangan trail maupun yang udah dimodif supermoto,” kenang Jadoen.

Meski boleh dibilang komunitas SOLID ini masih seumur jagung, tapi hingga detik ini membernya sudah cukup banyak. Karena club SOLID ini sangat aktif melakukan berbagai bentuk kegiatan. Pastinya yang wajib dilakukan setiap komunitas motor jelas kopdar, selain buat ngongkrong bareng. Tentunya di kopdar juga banyak hal yang akan dijadikan bahan diskusi tentunya seputar kegiatan aktifitas club.

Komunitas SOLID yang terbukti makin solid, makin kompak dan makin segalanya

Untuk lokasi kopdarnya club SOLID ini punya dua tempat. Biasanya untuk siang hari, pas kebetulan sedang mau latihan grasstrack atau trabas. Mereka kumpul di bengkel MOTOPLUS GRANDWISATA, yang berada di Jl. Mustika Jaya No.66, RT.006/RW.012, Mustika Jaya, Kec. Mustika Jaya, Kota Bekasi Jawa Barat. Selain menadi tempat kopdar, bengkel MOTOPLUS ini juga menjadi bengkel rujukan buat club SOLID buat servis dan boor up mesin.

Sedang untuk malam harinya, biasanya club SOLID akan kopdar di Jl, Kalimalang, Caman, Bekasi. Yang diagendakan setiap Sabtu malam minggu, diteruskan dengan rolling thunder buat melatih skill dan edukasi safety riding bila mau touring jauh. Bahkan kadang juga digelar Kopdargab atau kopdar gabungan. Seperti yang dilakukan beberapa minggu lalu di lokasi kopdar malam.

Nah, ini yang menarik dari club SOLID. Biasanya setelah malam mereka menggelar Kopdargab, dilanjutkan pagi harinya mereka melakukan latber atau latihan bersama. Latihan bersama ini biasanya diisi dengan acara melatih fisik buat yang suka grasstrack, atau member yang hoby trabas atau adventurer.

“Kebetulan sekali tidak jauh dari bascamp kita ada sirkuit non permanen yang berlokasi di belakang Gowet Grandwisata, Bekasi. Bareng bersama all komunitas yang juga berlatih ditempat itu. Salah satunya dari teman-teman team Rongos. Selain latihan bersama, juga sebagai ajang sillaturohmi dan melatih fisik dan skill di dunia grasstrack dan adventure, ”ulas Jadoen.

Selain itu masih banyak kegiatan lainnya yang dilakukan oleh club SOLID yang sudah menjadi program kerja komunitasnya. Diantaranya baru saja mereka menggelar acara family gathering tgl 7 hingga 8 November 2020 lalu. Berlokasi di Cigombong, Sukabumi, di sebuah villa di atas bukit.

Medannya cukup ekstrim, terjal berbatuan dan banyak halang rintang dari semak belukar dan pepohan liar. “Memang untuk mencapai titik lokasi villa harus melewati jalan tanah dengan kondisi alam yang ekstrim. Apa lagi bila hujan mengguyur, pasti tambah sulit jalurnya. Dan hampir semua member ikut buat menjaga kekompakkan. Kita juga sering melakukan bakti sosial untuk mengasah kepudilian jiwa sosial buat semua member SOLID, ”tutup Jadoen.

Menarik bukan komunitas SOLID. Ayo bila kalian penunggan kuda besi trail ataupun yang sudah dimodif supermot bila ingin punya teman komunitas. Silahkan deh gabung di komunitas SOLID, pasti asyik dan menyenangkan bro.

Oh ya, untuk sekertariatnya sendiri, club SOLID ini berada di di jln Caman Raya Gang Haji Sekum no,47 Jatibening, Pondok Gede, Kota Bekasi, kontak WA nya 0857 1922 3357.

Atau bila kalian semua pengguna motor trail ataupun supermoto yang tinggal di seputaran Bekasi, Jabodetabek, Bogor, dan dimanapun kalian berada ingin gabung di komunitas ini. Silahkan kunjungi media sosialnya di Facebook dengan klik ‘Supermoto Trail Independent’ bisa juga di alamat Intagramnya (IG) ‘solid.indonesia’. Tim

Facebook Comments

You May Also Like